Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

asbunasbunAvatar border
TS
asbunasbun
Puan Singgung Peningkatan Belanja Militer Saat Kelangkaan Air Ancam Dunia

Puan Singgung Peningkatan Belanja Militer Saat Kelangkaan Air Ancam Dunia



Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 20 Mei 2024 11:56 WIB


Puan Maharani - Foto: tangkapan layar

Jakarta - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani menyinggung peningkatan belanja militer dunia yang tidak sebanding dengan belanja di sektor air. Padahal dunia dihadapkan pada ancaman besar seperti perubahan iklim dan kelangkaan air.
"United Nations Environment Programme (UNEP) mencatat lebih dari 50% populasi dunia menghadapi kekurangan air setidaknya sebulan sekali, namun perhatian dunia internasional saat ini tertuju pada permasalahan geopolitik, persaingan kekuasaan, dan persaingan ekonomi, tidak hanya pada permasalahan ketahanan air saja," kata Puan dalam Konferensi Tingkat Tinggi World Water Forum (WWF) Ke-10 di Bali, Senin (20/5/2024).

Berdasarkan studi yang dipaparkan Puan, terjadi peningkatan belanja militer mencapai US$ 2,4 triliun pada 2023 atau setara 2,3% Produk Domestik Bruto (PDB) global. Pada saat yang sama, belanja sektor air di negara-negara berkembang dan miskin disebut hanya sebesar 0,5% dari PDB mereka.


"Tampaknya kita terjebak dalam misalokasi sumber daya. Hal ini menjadi kontradiktif ketika dunia dihadapkan pada ancaman yang sangat besar, termasuk ancaman perubahan iklim dan kelangkaan air," ucapnya.

Menurut Puan, jika DPR dan pemerintah mampu meningkatkan pendanaan penyediaan air bersih, maka permasalahan kelangkaan air akan teratasi secara signifikan. Dirinya mewakili parlemen Indonesia mengaku mendukung berbagai inisiatif terkait air dan mengalokasikan kembali sumber daya untuk ketahanan air.


"Parlemen siap memainkan perannya sebagai lembaga yang mewakili rakyat untuk mengambil tindakan penyelesaian permasalahan air di tingkat nasional dan internasional," ucapnya.

Puan mengajak semua pihak terkait untuk bekerja sama demi agenda global yang dinilai penting ini. Dengan begitu setiap hak manusia atas air bersih dapat terpenuhi.

"Komitmen parlemen terhadap agenda air sangat kuat. Permasalahan air akan menjadi prioritas parlemen di dalam negeri dan melalui diplomasi parlemen," pungkas Puan.

source : https://finance.detik.com/berita-eko...ir-ancam-dunia


jauh lebih pinter drpd genjer, hastod, bahkan mamaknya.

emoticon-thumbsup
itkgid
maniacok99
aldonistic
aldonistic dan 2 lainnya memberi reputasi
3
357
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan