Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

faisalbinjef816Avatar border
TS
faisalbinjef816
Testis Besar Sebelah, Kondisi Normal namun Bisa Berbahaya


Ukuran testis besar sebelah merupakan hal yang normal asalkan tidak disertai dengan rasa sakit. Namun apabila perbedaan besarnya cukup jauh, Anda patut untuk waspada.

(Males baca ? Nonton video penjelasannya dibawah)






Testis atau testikel merupakan organ berbentuk oval yang menggantung di dalam skrotum, di belakang mr p. Testis pria dewasa umumnya berukuran 15 ml (kira-kira seukuran telur burung) hingga 35 mL (kira-kira seukuran telur ayam kampung). Fungsi utama testis adalah untuk menyimpan dan memproduksi sperma, serta memproduksi testosteron. Testosteron adalah hormon yang bertanggung jawab pada perubahan fisik saat pubertas.


Kondisi testis besar sebelah sebenarnya merupakan hal yang normal. Biasanya,  ukuran testis sebelah kanan cenderung lebih besar daripada sebelah kiri. Perbedaan ukurannya umumnya tidak terlalu jauh, yaitu tidak lebih dari setengah sendok teh. Selain ukurannya yang berbeda, salah satu testis juga cenderung menggantung lebih rendah pada skrotum (kantong zakar) dibandingkan testis satunya.

Namun, ini merupakan hal yang normal dan tidak perlu dikhawatirkan berlebih selama tidak ada keluhan sakit dan nyeri saat bergerak, duduk, ataupun berdiri. Pemeriksaan testis secara mandiri ini disarankan untuk dilakukan setidaknya 1 kali setiap bulan. Apalagi jika Anda memiliki riwayat tumor testis, testis tidak turun ke sktrotum, atau memiliki keluarga yang pernah menderita kanker testis.

0
76
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan