Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

4574587568Avatar border
TS
4574587568
Kronologi Komandan Hizbullah Tewas Terkena Serangan Udara Militer Israel


Lebanon – Seorang komandan lapangan Hizbullah tewas dalam serangan pesawat tak berawak Israel di Lebanon selatan, pada Selasa malam, 14 Mei 2024. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh Israel dan kelompok Lebanon pada hari Rabu, 15 Mei 2024.

Dalam sebuah pernyataan, kelompok Syiah yang didukung Iran berduka atas Hussein Ibrahim Makki, yang lahir pada tahun 1969, dan berasal dari desa selatan Beit Yahoun.

Perannya dalam Hizbullah tidak diidentifikasi oleh kelompok tersebut, namun militer Israel mengatakan dia adalah seorang komandan senior di unit Front Selatan Hizbullah. Tentara Israel mempublikasikan rekaman serangan yang menghantam mobil Makki di jalan, yang menghubungkan kota pesisir Tyre dengan pinggiran kota Haouch.

Juru bicara militer Israel, Avichay Adraee, mengklaim Makki bertanggung jawab merencanakan dan melaksanakan berbagai operasi melawan Israel selama berbulan-bulan bentrokan di perbatasan. Hal ini menjadikan total korban tewas pejuang Hizbullah yang terbunuh sejak bentrokan lintas batas meletus pada 8 Oktober, menjadi 297 orang. Lebih banyak pejuang dari faksi bersenjata lainnya, serta warga sipil di Lebanon, termasuk anak-anak yang terbunuh.

Melansir dari The New Arab, Rabu, 15 Mei 2024, Hizbullah dan Israel telah terlibat dalam pertempuran sejak perang di Gaza dimulai.

Hizbullah, yang mendukung kelompok Hamas Palestina, mengatakan konfrontasi terbukanya dengan Israel adalah taktik pengalih perhatian yang bertujuan mengalihkan perhatian militer Israel dari Jalur Gaza, tempat serangan Israel yang ganas dan tanpa pandang bulu, yang telah menewaskan sedikitnya 35.173 orang. Bentrokan tersebut telah menyaksikan peningkatan yang berbahaya dari kedua belah pihak dalam beberapa pekan terakhir, Hizbullah juga terpaksa menggunakan persenjataan yang lebih canggih, menjatuhkan drone Israel dan meluncurkan rudal lebih jauh ke wilayah utara Israel.

Sementara Israel telah meratakan beberapa desa di perbatasan Lebanon dan melancarkan serangan udara di wilayah yang jauh dari perbatasan, seperti distrik Baalbek di Lebanon timur, di wilayah di mana Hizbullah memiliki pengaruh kuat. Serangan terhadap kendaraan Makki terjadi beberapa jam setelah rudal anti-tank Hizbullah menewaskan seorang warga Israel dan melukai lima lainnya di kibbutz utara Adamit.

Hizbullah mengatakan pihaknya menargetkan pusat militer Israel yang mengoperasikan balon mata-mata dengan tiga rudal, yang mengakibatkan jatuhnya balon tersebut di desa Rmaych di perbatasan Lebanon selatan. Gambar dan video yang dibagikan di media sosial menunjukkan momen jatuhnya balon tersebut dan warga sipil sedang memeriksanya.

Tentara Israel mengklaim bahwa tidak ada rasa takut akan informasi yang diambil dari sensor dan kamera yang berada di balon tersebut.

Israel mengatakan 10 warga sipil dan 14 tentara tewas dalam pertempuran lintas batas tersebut, namun Hizbullah mengklaim jumlah sebenarnya lebih tinggi. Puluhan ribu orang mengungsi di kedua sisi perbatasan. Penduduk Israel utara yang dievakuasi dari rumah mereka telah menekan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan pemerintahannya untuk mengambil tindakan tegas terhadap Hizbullah.

Mereka juga menolak untuk kembali ke kota mereka jika kelompok Lebanon masih ada di perbatasan.

Upaya mediasi yang dipimpin AS dan Perancis juga telah dilakukan untuk mengakhiri permusuhan antara Hizbullah dan Israel, serta membuat mereka menerapkan Resolusi Dewan Keamanan PBB, yang mengakhiri perang musim panas tahun 2006 antara kedua belah pihak. Kesepakatan itu juga akan menyelesaikan demarkasi perbatasan antara kedua negara dengan Israel masih menduduki sebagian wilayah Lebanon.

Hizbullah menolak gencatan senjata sebelum perang dahsyat di Gaza berakhir, dan Israel mengancam akan melancarkan serangan besar-besaran di Lebanon jika upaya diplomatik gagal.

sumber
0
107
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan