Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Tok, Pemerintah Mulai Menghapus Kendaraan Pakai Lebih 10 Tahun. Yes Or No?


Rencana pemerintah untuk mengatur usia pakai kendaraan di Indonesia tengah bergulir, khususnya di Jakarta, umur kendaraan (katanya) tidak boleh lagi lebih dari sepuluh tahun. Kendaraan motor dan mobil adalah milik pribadi dan jika kondisi masih sangat bagus dan terawat mau dikemanakan?

Bicara kapan yang tepat menjual kendaraan menurut saya tidak ada ukuran waktu yang pasti, kalau sudah uzur wajar jika dijual karena sudah mangkrak tidak terawat, bahkan umur baru sehari saja bisa langsung dijual karena itu hak sepenuhnya si pemilik kendaraan.

Suruh beralih ke kendaraan listrik, entar dulu ye!
Dikira beli kendaraan pakai daon?
Gimana nasib dan keluarga penjual kendaraan bekas?
Akan mempercepat penumpukan limbah, yang katanya kita mendukung ramah lingkungan?
Nasib bengkel pinggir jalan gimana?

Tapi kalau ditinjau dari segi efesiensi dan faktor yang meliputi; kondisi kendaraan, pemilik sedang butuh uang cepat, desakan salah satu keluarga, sampai nilai depresiasi kendaraan biasanya menjadi pertimbangan atau keputusan seseorang akhirnya menjual kedaaraannya.



Secara umum, banyak orang menganggap bahwa memiliki sebuah kendaraan dibawah 5 tahun bisa membantu mengurangi dampak depresiasi nilai kendaraan itu sendiri, dianggap kendaraan masih sangat nyaman, minim perawatan dan bebas dari rasa khawatir.

Lewat dari 5 tahun dianggap sebagai fase perawatan dan penggantian part dimana kendaraan butuh perhatian ekstra agar kenyamanan, kesehatan kendaraan bisa tetap dipertahankan Dengan mempertahankan kondisi kendaraan seperti ini pemilik berharap bisa meminimalkan kerugian depresiasi harga kendaraan lebih besar, tapi mengeluarkan biaya perawatan ekstra tidak bisa dihindari juga (tergantung kondisi kendaraan).

Namanya buatan manusia, sekuat dan sepresisi apapun pasti memiliki umur pakai, dimana keausan komponen pada mesin dan faktor lainnya tidak bisa dihindari. Jikapun dilakukan penggantian biasanya hanya bagian tertentu saja, lalu bagian yang lainnya hanya tinggal menunggu waktu saja (ikut dilakukan penggantian dan perawatan).

Alasan lain mengapa ada orang mulai menjual meski kendaraannya masih dalam kondisi sehat dan terawat karena ketika masuk di tahun ke 5 akan ada yang namanya perpanjangan stnk, membayar pajak dan penggantian kaleng dimana semua ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sebelum mengeluarkan biaya tersebut dan biaya perawatan setelah usia kendaraan lebih 5 tahun maka menjual kendaraan adalah keputusan yang masuk akal.

Tentu saja semua alasan diatas tidak berlaku bagi mereka yang benar-benar ingin mempertahankan kendaraannya karena alasan tertentu, hobies atau memang kolektor item maka mereka akan tetap mempertahankan kendaraan itu dengan kondisi apapun.








Original Thread © 2016 - 2024 iskrim
Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Opini, Ref | img : Gugel  



Diubah oleh iskrim 13-05-2024 00:19
ciecieeeeeeee
ufo60
molenmelon
molenmelon dan 22 lainnya memberi reputasi
21
4.2K
193
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan