Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trfpjkgbrt2Avatar border
TS
trfpjkgbrt2
Mata Uang Asia: Rupiah Perkasa, Yen Jepang dan Won Korea Keok


3–4 minutes

Jakarta, CNBC Indonesia - Mata uang rupiah menjadi salah satu yang terkuat terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibandingkan mata uang Asia lainnya. Diperdagangkan dalam tiga hari saja dalam sepekan, rupiah tercatat menguat 0,25% menjadi Rp16.040 terhadap dolar AS.

Sementara mata uang tetangga Indonesia yakni baht, ringgit, dan dolar Singapura cenderung stabil.

Baht Thailand sepanjang pekan tercatat datar di 36,72 per dolar AS. Sementara ringgit Malaysia menguat tipis 0,02% menjadi 4,74 per dolar AS dan dolar Singapura 1,35 per dolar AS.

Yen Jepang dan won Korea bahkan melemah tajam terhadap dolar AS. masing-masing melemah 1,79% menjadi 155,72 per dolar AS dan 1,11% menjadi 1.369,65 per dolar AS.

Sementara mata uang yuan China menguat 0,19% menjadi 7,23 per dolar AS.

Pelemahan sebagian besar mata uang asia imbas dari penguatan dolar menyusul pembacaan sentimen konsumen AS karena investor memilah-milah sejumlah komentar dari pejabat Federal Reserve, dengan fokus mulai beralih ke pembacaan inflasi utama minggu depan.

Pekan depan, investor akan mencermati pembacaan inflasi berupa indeks harga konsumen (CPI) dan indeks harga produsen (PPI), serta data penjualan eceran.

"CPI, menurut saya, tidak akan mengubah pandangan masyarakat; tekanan harga masih tinggi, namun akan menurun, angkanya akan lebih lemah dari tahun ke tahun," kata Marc Chandler, chief ahli strategi pasar di Bannockburn Global Forex di New York.

"Jadi yang penting bukan besarnya, tapi arahnya."


Yang juga mendukung dolar adalah komentar dari Presiden Federal Reserve Dallas Lorie Logan, yang mengatakan tidak jelas apakah kebijakan moneter cukup ketat untuk menurunkan inflasi ke sasaran bank sentral AS sebesar 2%, dan masih terlalu dini untuk memangkas suku bunga.

Hal ini bertentangan dengan komentar sebelumnya dari Presiden Federal Reserve Atlanta Raphael Bostic, yang mengatakan bahwa The Fed kemungkinan tetap berada di jalur yang tepat untuk menurunkan suku bunga tahun ini meskipun waktu dan tingkat pelonggaran kebijakan masih belum pasti. Selain itu, Presiden Federal Reserve Chicago Austan Goolsbee mengatakan dia yakin kebijakan moneter AS "relatif membatasi."

Komentar tersebut mengakhiri minggu ini dengan beragam pendapat di kalangan pejabat Fed mengenai apakah suku bunga sudah cukup tinggi.

Menyusul laporan upah AS yang lebih lemah dari perkiraan pada minggu lalu dan pengumuman kebijakan Fed, pasar telah memperkirakan pemotongan sekitar 50 basis poin (bps) tahun ini, dengan peluang 62,2% untuk pemotongan setidaknya 25 basis poin pada bulan September, menurut ke Alat FedWatch CME.

https://www.cnbcindonesia.com/mymone...won-korea-keok

Sip mantap
Diubah oleh trfpjkgbrt2 11-05-2024 11:54
0
316
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan