kutarominami69Avatar border
TS
kutarominami69
Penghayat Kepercayaan Kejawen Maneges Punya 3 Cabang di Luar Negeri
Penghayat Kepercayaan Kejawen Maneges Punya 3 Cabang di Luar Negeri



peringatan hari raya Kaneman 2934 Jawa / 2023 Masehi di pendapa Wiragati , Desa Penusupan, Kecamatan Pangkah, Kabupaten Tegal (Dwi Putra GD )

SLAWI, suaramerdeka-pantura.com – Penghayat Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Kejawen Maneges yang berpusat di Kabupaten Tegal, ternyata sudah memiliki cabang di luar negeri.

Tiga cabang Penghayat Kejawen Maneges, yakni di Negara New Zealand, Jepang dan Suriname.

Ketua Umum Kejawen Maneges, KRT Rosa Mulya Aji mengatakan, Kejawen Maneges merupakan salah satu dari Penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa yang telah diakui oleh negara.

Penghayat kepercayaan ini telah memiliki sekitar 5 ribu pengikut yang tersebar di seluruh Indonesia. Bahkan, penganut Kejawen Manages telah mendirikan cabang di 3 negara.

“Saya sebagai Bahureksa telah membuatkan SK untuk penganut Kejawen Maneges di New Zealand, Jepang dan Suriname,” katanya.

KRT Rosa menuturkan, pemerintah telah mengesahkan kolom agama dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) mencantumkan Kepercayaan kepada Tuhan Maha Esa.

Kebijakan itu telah direalisasikan dengan hampir 200 pengikut Kejawen Maneges yang mendapatkan KTP bertuliskan agama Kepercayaan kepada Tuhan Maha Esa.

“Di luar itu, masih banyak yang tetap menggunakan agama Islam atau Kristen. Tapi, mereka penganut Kejawen Maneges,” ujarnya.

Untuk pendidikan bagi anak-anak Kejawen Maneges, lanjut dia, Kemendikbud juga telah memasukan dalam kurikulum pendidikan.

Di Kabupaten Tegal, ada beberapa sekolah yang telah menerapkan kurikulum tersebut, diantaranya SMA 1 Slawi, SMA 1 Pangkah, SMP 1 Slawi, dan SD Talang 04.

“Belajarnya Sabtu atau Jumat di Pendapa Wiraganti Penusupan Pangkah,” terang Bahureksa Kejawen Maneges XVI itu.

Menurut dia, aliran kepercayaan kejawen di Jawa Tengah terdapat 18 aliran, dan di Kabupaten Tegal ada 7 aliran yang berkembang. Tujuh aliran itu, yakni Kejawen Maneges, Sapta Darma, Sri Murni, Sumber Urip, Tri Jaya, Sumara, dan Kapribaden.

“Aliran yang ada nama kejawennya hanya Kejawen Maneges, karena telah didaftarkan lebih dahulu dari pada yang lainnya,” ucap KRT Rosa.

https://pantura.suaramerdeka.com/jaw...-negeri?page=2

Bagus bisa export agama , nggak melulu impor agama

albertmare
albertmare memberi reputasi
1
214
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan