mabdulkarimAvatar border
TS
mabdulkarim
OPM Serang Gereja-Rampas Laptop Kepala Puskesmas di Pegunungan Bintang
Juhra Nasir - detikSulsel
Minggu, 05 Mei 2024 18:46 WIB

Foto: detikcom/Internet
Pegunungan Bintang - Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyerang warga yang sedang melakukan ibadah di gereja di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan. Para pelaku juga merampas laptop salah satu jemaah yang merupakan Kepala Puskesmas Borme.

"Iya benar, KKB atau OPM melakukan perampasan benda berharga milik jemaat yang sedang ibadah," kata Kasatgas Humas Operasi Damai Cartenz 2024 AKBP Bayu Suseno dalam keterangannya, Minggu (5/5/2024).

Insiden itu terjadi di Distrik Borme, Kabupaten Pegunungan Bintang pada Minggu (5/5) sekitar pukul 11.00 WIT. Sebanyak 4 anggota OPM dengan membawa senjata api mendatangi jemaat yang sedang melaksanakan ibadah Minggu.

"Di saat jemaat sedang melaksanakan ibadah minggu pagi, datang empat orang kelompok OPM dengan membawa satu pucuk senjata api dan melakukan pengancaman," terang Bayu.

Bayu mengatakan OPM juga melakukan perampasan 2 buah handphone dan satu laptop milik jemaat yang juga tenaga kesehatan (nakes). Nakes yang HP-nya dirampas bernama David Korwa dan Ferdian Rumansara, sementara yang laptopnya diambil bernama Andi Wisa (Kepala Puskesmas Distrik Borme).

"OPM melakukan perampasan barang elektronik milik jemaat yang sedang beribadah," ujarnya.

Bayu mengungkap pascaperampasan itu, OPM kemudian mendatangi sekolah hingga membuat para guru berlari ketakutan masuk ke hutan. Kendati demikian, Bayu menyebut tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

"Setelah melakukan perampasan kepada jemaat di gereja, OPM kemudian menuju ke kompleks sekolah sehingga membuat para guru-guru ketakutan dan melarikan diri ke arah hutan untuk bersembunyi. Dan hingga saat ini, kami belum mendapatkan laporan adanya korban jiwa dari peristiwa tersebut," bebernya.

Bayu mengaku para Nakes yang merasa ketakutan memilih berlindung di rumah Kepala Puskesmas setempat.

"Saat ini para Nakes yang juga merupakan jemaat dari gereja di Distrik Borme, korban dari aksi OPM sedang mengamankan diri di rumah Kepala Puskesmas Distrik Borme," tutupnya.

https://www.detik.com/sulsel/hukum-d...ungan-bintang.


Polisi Sebut KKB Serang Jemaat Gereja yang Sedang Ibadah Minggu di Pegunungan Bintang Papua

Kabag Humas Operasi Satgas Damai Cartenz 2024 AKBP Bayu Suseno. Dok: Satgas Damai Cartenz.
IKLAN
TEMPO.CO, Jakarta - Kepala Satuan Tugas Humas Operasi Damai Cartenz, Ajun Komisaris Besar Bayu Suseno menyebut Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menyerang jamaat gereja yang tengah melakukan ibadah minggu di Distrik Borme, Kabupaten Pegunungan Bintang Papua. Peristiwa itu terjadi Ahad pagi, 5 Mei 2024 sekitar pukul 11.00 WIT.

Bayu menjelaskan, peristiwa bermula saat jemaat sedang melaksanakan ibadah minggu pagi. Mereka didatangi empat orang anggota KKB sembari membawa satu pucuk senjata api. Para anggota KKB itu, kata Bayu, mengancan hingga merampas barang elektronik milik jemaat yang sedang beribadah. Barang-barang elektronik itu yakni dua unit ponsel dan satu unit laptop, dirampas begitu saja oleh KKB.

Setelah merampas jemaat di gereja, Bayu mengatakan KKB menuju kompleks sekolah sehingga membuat para guru-guru ketakutan dan melarikan diri ke arah hutan untuk bersembunyi. "Hingga saat ini, kami belum mendapatkan laporan adanya korban jiwa dari peristiwa tersebut,” ucap Bayu dalam keterangan tertulis, Ahad, 5 Mei 2024.

Bayu mengatakan, saat ini para tenaga kesehatan yang juga merupakan jemaat dari gereja di distrik Borme itu kini tengah mengamankan diri di rumah Kepala Puskesmas Distrik Borme, Kabupaten Pegunungan Bintang.

Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom, belum merespons permintaan konfirmasi Tempo perihal peristiwa ini.
\
https://metro.tempo.co/read/1864300/...-bintang-papua

aksi bejat OPM terbaru
paling nanti diklaim antara propoganda oleh OPM atau sita barang intel emoticon-Hammer2
amekachi
itkgid
itkgid dan amekachi memberi reputasi
2
258
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan