spaghettimiAvatar border
TS
spaghettimi
Jangan Beli PDF, Video, MP3 di Marketplace & Sosmed! || Penipuan File Bajakan

Assalamualaikum semuanya emoticon-Smilie

Dewasa ini kita tidak jarang mencari barang untuk dibeli melalui toko online. Mulai dari kebutuhan harian, elektronik, bahkan barang koleksi ataupun hobi. Dari kalian semua mungkin ada yang saat ini berminat untuk membeli barang seperti buku, film, dan musik secara online nih.

Lalu, eh ketemu ada yang jual secara murah versi digitalnya. Harga bahkan bisa di bawah 5.000 rupiah di marketplace atau sosial media. Seperti contohnya di bawah ini nih 👇


(hanya contoh, tolong jangan dihujat)

Kamu merasa kalau itu good deal, toh cuma perlu alamat email dan udah langsung dapet dalam beberapa jam.



Tapi Kenapa Jangan Beli?

Sayangnya, produk seperti itu bisa dibilang semacam penipuan. Si penjual sudah memiliki satu file, lalu dikirim setiap ada orang yang beli.

Bayangkan kamu download satu foto dari Google, lalu kirim satu untuk setiap orang yang mau beli. Itu persis yang terjadi disini.

Nggak cuma melanggar hak cipta (bajakan), barang yang didapatkan sebenarnya nggak bernilai sama sekali. Alias, kamu bisa aja dapat secara gratis lewat website file bajakan. Bukannya ane mengajak kalian untuk download bajakan ya... Tolong sebisa mungkin hargai pemilik asli dengan barang original.

E-book, film, musik memang ada versi digitalnya, tapi bukan seperti ini cara dapetinnya. Contoh tempat beli versi digital yang resmi adalah Amazon Kindle, Google Play Film, dan Apple iTunes.



Kenapa Bisa Ada Produk Seperti Ini?

Hal seperti ini bukan lagi hal baru, banyak dari kalian mungkin juga sudah tau. Barang yang harganya terlalu miring dibanding harga original itu pasti 99% bermasalah. Termasuk print buku.

Sayangnya, masih aja banyak aja yang membeli barang seperti ini. Bahkan kalau menurut ane banyak penjual yang sengaja menjerumuskan pembeli awam. Dan mereka gak berhenti karena masih aja banyak yang terjebak.

Karena itu, kalian bisa coba beri tau ke saudara, teman, dll yang minat dengan produk seperti itu. Jual beli seperti ini sayangnya masih banyak yang belum tau kalau ilegal, baik si pembeli maupun penjual. Tidak dihapus juga oleh Marketplace.

Buku pdf, film mp4, lagu mp3 hanya sebagian contoh. Masih ada jasa download video Youtube, game, aplikasi, dll yang nggak cuma bajakan tapi juga nggak bernilai sama sekali. Harga 1 rupiah pun kemahalan! emoticon-Mademoticon-Mad


Jadi begitulah, semoga thread kali ini bisa membantu. Jadilah pembeli yang bijak ya!
emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol


Quote:
Diubah oleh spaghettimi 24-04-2024 16:38
glass69
tiyoz
zharki
zharki dan 2 lainnya memberi reputasi
3
185
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan