Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ahlimiliterahliAvatar border
TS
ahlimiliterahli
Menhan Amerika Serikat Datangi Tel Aviv, Tekan Israel Akhiri Operasi Militer Skala



KOMPASTV

 > 

INTERNASIONAL

 > 

KOMPAS DUNIA

Menhan Amerika Serikat Datangi Tel Aviv, Tekan Israel Akhiri Operasi Militer Skala Besar di Gaza

Kompas dunia | 19 Desember 2023, 05:15 WIB



  



Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Lloyd Austin, tiba di Tel Aviv, Israel, Senin, (18/12/2023), diharapkan memberikan tekanan kepada Israel untuk menghentikan operasi tempur utama di Gaza, berupaya mengurangi dampak merusak Israel pada warga sipil Palestina di Gaza. (Sumber: Newsweek)

TEL AVIV, KOMPAS.TV - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Lloyd Austin, tiba di Tel Aviv, Israel, pada Senin (18/12/2023) kemarin, diharapkan memberikan tekanan kepada Israel untuk menghentikan operasi tempur utama di Gaza.

Kehadirannya juga berupaya mengurangi dampak merusak Israel pada warga sipil Palestina di Gaza.

Sejumlah sekutu terdekat Israel, seperti Prancis, Inggris, dan Jerman, turut bergabung dalam seruan global untuk gencatan senjata pada akhir pekan.

Demonstran Israel juga menuntut pemerintah untuk melanjutkan pembicaraan dengan Hamas terkait pembebasan lebih banyak tawanan setelah tiga orang sandera warga Israel tewas dibunuh pasukan Israel, sebagaimana dilaporkan oleh Associated Press, Senin (18/12).

Pembicaraan dilakukan pada Senin untuk memediasi pembebasan lebih banyak tawanan, ketika Direktur CIA William Burns bertemu di Warsawa dengan kepala agen intelijen Mossad Israel dan perdana menteri Qatar, demikian disampaikan pejabat AS.

Ini merupakan pertemuan pertama ketiganya sejak berakhirnya gencatan senjata seminggu pada akhir November, di mana sekitar 100 tawanan dibebaskan sebagai imbalan pembebasan sekitar 240 warga Palestina yang ditahan di penjara Israel.

Perdana Menteri Benjamin Netanyahu bersikeras bahwa Israel akan terus berperang hingga berhasil menggulingkan Hamas dari kekuasaan, menghancurkan kemampuan militer yang tangguh, dan membebaskan puluhan tawanan yang masih ditahan di Gaza sejak serangan mematikan pada 7 Oktober yang memicu perang.


AS Berupaya Menekan Israel

Lloyd Austin dan Jenderal CQ Brown, Kepala Staf Gabungan AS yang tiba di Tel Aviv hari Senin, diharapkan memberikan tekanan kepada pemimpin Israel untuk beralih ke fase baru perang setelah berminggu-minggu melakukan bombardir berat dan serangan darat.

Pejabat Amerika mendesak operasi yang ditargetkan untuk membunuh pemimpin Hamas, menghancurkan terowongan, dan menyelamatkan tawanan. Seruan tersebut datang setelah Presiden AS Joe Biden memperingatkan Israel kehilangan dukungan internasional karena "pemboman yang tidak membeda-bedakan."

Negara-negara Eropa juga tampak kehilangan kesabaran, "Terlalu banyak warga sipil tewas di Gaza," tulis Kepala Kebijakan Luar Negeri UE Josep Borrell.

"Tentu saja, kita menyaksikan kekurangan yang mengejutkan dalam operasi militer Israel di Gaza."

Meskipun demikian, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan pekan lalu bahwa negaranya akan melanjutkan operasi tempur utama melawan Hamas selama beberapa bulan ke depan.

Di bawah tekanan AS, Israel memberikan instruksi evakuasi yang lebih tepat awal bulan ini ketika pasukan masuk ke kota selatan Khan Younis, meskipun Palestina menyatakan tidak ada tempat yang aman di Gaza karena Israel terus melakukan serangan di seluruh wilayah tersebut.

Israel membuka kembali lintas kargo utamanya dengan Gaza untuk memungkinkan lebih banyak bantuan masuk, juga setelah permintaan dari AS. Namun, jumlahnya kurang dari separuh impor sebelum perang, bahkan ketika kebutuhan meningkat dan pertempuran menghambat pengiriman di banyak wilayah.

Human Rights Watch pada hari Senin menuduh Israel dengan sengaja membuat kelaparan penduduk Gaza, yang dapat dianggap sebagai kejahatan perang, dengan merujuk pada pernyataan pejabat Israel yang menyatakan niat untuk mencabut makanan, air, dan bahan bakar kepada warga sipil atau mengaitkan masuknya bantuan dengan pembebasan tawanan.

Israel memblokir masuknya semua barang ke Gaza segera setelah perang dimulai, dan beberapa minggu kemudian mulai mengizinkan pengiriman sejumlah kecil bantuan melalui Mesir. Laksamana Daniel Hagari, juru bicara militer Israel, membantah Israel membatasi jumlah bantuan.


Kematian dan Kerusakan Luar Biasa

Perang dimulai dengan serangan mengejutkan Hamas yang melumpuhkan pertahanan perbatasan Israel. Ribuan personil Hamas menjarah selatan Israel, yang mengklaim warganya yang tewas sekitar 1.200 orang, sebagian besar warga sipil, dan menculik sekitar 240 pria, wanita, dan anak-anak.

Hamas dan kelompok militan lainnya masih memegang sekitar 129 tawanan setelah sebagian besar yang lain dibebaskan sebagai imbalan pembebasan 240 tawanan Palestina oleh Israel selama gencatan senjata bulan lalu. Hamas menyatakan tidak akan melepaskan lebih banyak tawanan sampai perang berakhir.

Lebih dari 19.400 warga Palestina tewas, menurut Kementerian Kesehatan Palestina, yang mengatakan sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, dan ribuan lainnya terkubur di bawah puing-puing. 

Militer Israel menyatakan 127 prajuritnya tewas dalam serangan darat Gaza. Israel mengklaim telah membunuh ribuan militan tanpa memberikan bukti.

Israel menyalahkan kematian warga sipil pada Hamas, mengatakan mereka menggunakan mereka sebagai perisai manusia. Namun, militer jarang memberikan komentar tentang serangan individual.

Setidaknya 110 orang tewas dalam pemboman Israel terhadap bangunan hunian di kamp pengungsi Jabaliya di utara Gaza pada hari Minggu, kata Munir al-Boursh, pejabat senior Kementerian Kesehatan, kepada Al Jazeera.

Daerah tersebut menjadi saksi pertempuran berat dalam beberapa hari terakhir. "Tidak ada yang bisa mengambil jenazah atau membawa luka-luka ke rumah sakit," kata Amal Radwan, yang tinggal di tempat perlindungan PBB di Jabaliya.

Militer merilis gambar yang diklaim sebagai sekitar $1,3 juta dalam mata uang Israel yang ditemukan di rumah seorang pejabat senior Hamas di kamp tersebut.

Penulis : Edwin Shri BimoEditor : Gading-Persada


https://www.google.com/url?sa=t&sour...UqhPAOAXk6eC8A



Menhan bodoh, serangan besar-besaran aja gk sanggup kalahkan hamas gimana serangan skala kecil dari tentara khusus sampah di area seluas 5 desaemoticon-Cape deeehh






Menit 1:30

Sampah mampus


















Ini bukam RPG Yasin kyknya tapi rudal STMJ, emang Hamas punya ya?emoticon-Big Grin














Akhir kata, sampah!






LordFaries4.0
screamo37
dragunov762mm
dragunov762mm dan 9 lainnya memberi reputasi
8
1.5K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan