alunaziyaAvatar border
TS
alunaziya
Uang Koin adalah Berkah Yang Tertunda
Ogah dapat kembalian uang koin? Eits ...! Jangan ditolak dulu Gan! Ini berkah yang tertunda. Begini triknya.

Assalamu'alaikum, Agan Sista. Selamat berjump kembali di thread ane. Semoga semua dalam keadaan sehat selalu, aamiin.



Agan dan Sista lebih suka belanja ke miniarket atau di warung sebelah? Pasti pernah, dong! Dapat kembalian 'permen' sebagai ganti uang koin? Karena sekarang, Ibu-ibu warung pun sudah mengikuti trend ala-ala petugas kasir di mini market.

"Kembaliannya kasih permen aja, ya. Nggak ada uang koin."

Nah! Agan pernah kan, dibegitukan sama si Ibu atau Mbak yang jaga warung?

Biasanya sih, pelanggan auto ngangguk aja kalau ditodong ulasan seperti itu. Terutama kalau yang belanja si Bapak. Beuh ...! Kagak diragukan lagi. Males debat.

Kalau ane adalah orang yang lumayan 'teliti' dan perhitungan, Gan! Yaelah ... tiga tahun ane cekulah di SMK yang ada ilmu hitung neraca perniagaan, masa manut aja, sih?

"Minta koin ada, Mbak/ Bu. Di rumah permen udah banyak." Begitu kira-kira jawaban ane.

Nggak selalu sukses sih, emang. Soalnya yang jualan pun kadang-kadang maksa, tapi ujung-ujungnya ane minta ganti barang ( bukan lagi permen).



Siapin wadah toples/'celengan' dari plastik aja (murce pula harganya, di kisaran lima rebu aja, Gan.) Nah! Tiap kali Agan dapat uang koin, masukin aja di dalamnya.

Udah gitu, cuekin!

Salah satu trik jitu dalam menabung memang begitu, Gan. Jangan diingat-ingat dan jangan dihitung. Selain karena akan mengganggu konsentrasi, hal seperti itu juga bisa berguna untuk menentramkan pikiran. Soalnya kita kan, jadi nggak fokus buat memasukkan koin ke dalam celengan tersebut.

Jadi selain ane masuk-masukin uang koin dari kembalian, ane juga kadang memasukkan uang lembaran hasil dari ane jualin barang-barang di dapur/gudang yang sudah nggak terpakai. Ngeloak, istilahnya.

Jadinya nggak akan berasa kan, nabungnya? Tanpa harus capek-capek ngurangin jatah belanja dapur. Kita bisa dapet uang tambahan dari hasil ngejual barang-arang atau perkakas yang tidak terpakai lagi. Dari pada menuh-menuhin tempat, kan?

Tunggu barang beberapa bulan atau lebaran, deh! Lalu bongkar. Agan bakalan terkejut dengan hasilnya.



Koin receh yang semula tidak seberapa penting bagi Agan, bakalan berguna banget. Cobain, deh! Ane sudah membuktikannya sendiri.

Makasih, sudah membaca. Semoga bermanfaat. Sampai jumpa di thread ane berikutnya.

Wassalamu'alaikum.

Sumber: opini pribadi
Pict: koleksi pribadi
0
463
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan