amekachiAvatar border
TS
amekachi
Pemerintah Daerah Larang Indomaret dan Alfamart Demi Lindungi UMKM, Langkah Tepat?
Pemerintah Daerah Melarang Perusahaan Waralaba seperti Indomaret dan Alfamart Demi untuk Melindungi UMKM, Apakah Langkah yang Tepat Gansist?




Hidup adalah persaingan, itu sebuah kondisi yang sangat berat namun kenyataan itu akan tumbuh dan mendorong kita untuk berusaha sekuat tenaga demi mengalahkan saingan kita. Bagi sebagian orang adanya situasi seperti itu akan menambah daya juang mereka namun ada kalanya memang sebagian dari kita juga masih berada diluar kemampuan dalam menghadapi persaingan, terutama dalam hal yang menyangkut ekonomi di masyarakat kelas menengah kebawah.

Peran serta pemerintah dalam menangani fenomena ini sangat dibutuhkan, padahal mereka sendiri pun tahu bahwa melarang industri mapan agar jangan sampai menghancurkan UMKM itu sangatlah berisiko. Terutama adalah bagi perkembangan daerah itu sendiri mengingat sebenarnya justru kalau mengambil contoh dari negara maju, mereka kuat karena bersaing.

Pemerintah Indonesia sendiri telah berusaha agar UMKM bisa naik kelas karena usaha ini sangat berguna sekali untuk bangsa dengan kemampuan menyerap tenaga kerja hingga 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.


Quote:





Itu keputusan pemerintah daerah disana dan mungkin mereka lebih mengerti kondisi yang sebenarnya terjadi, saya hanya menerangkan tentang manfaat memiliki daya saing yang tinggi. Apalagi sekarang adalah era pasar ekonomi global dan di ASEAN sendiri telah tercetus masyarakat ekonomi ASEAN (MEA) agar negara di kawasan Asia Tenggara bisa lebih dinamis dan kompetitif.

Pun sebenarnya persaingan bisnis yang sehatmemberi banyak dampak positif seperti, tidak cepat merasa puas hingga akan berusaha dan terus berusaha lagi, mengembangkan kesadaran diri tentang produk yang memiliki kekurangan maupun yang berkualitas, terus berinovasi, menumbuhkan semangat sebagai kompetitor dan lain sebagainya.

Namun itu mungkin adalah cara pemerintah melindungi denyut nadi ekonomi rakyat Indonesia khususnya yang di provinsi Sumatera Barat, bagaimanakah nih Gansist apakah peraturan pelarangan terhadap 2 perusahaan waralaba terbesar Indonesia di Sumatera Barat itu berguna demi memajukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah?

'Narasi dan Opini Sendiri'


Tulisan Sendiri:

@amekachi

Sumber Tulisan dan Gambar:

1

2

3
kasihudinsekali
provokadrun
anangherman
anangherman dan 19 lainnya memberi reputasi
20
2.9K
63
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan