Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Kampung Nikah Siri, Bikin Jomblo Pengin Segera Nikah Nih!




Hi sobat kaskus,

Pernikahan memang sakral, tapi yang bikin mumet itu adalah biaya pernikahan di Indonesia itu mahal harganya. Bukan tanpa sebab, manusia itu ingin nikah sekali, dan hidup bahagia hingga menua.

Jadi moment itu dimeriahkan dengan pesta yang menghamburkan banyak biaya, padahal kalau hanya biaya KUA nya saja sih tidak semahal pesta poranya.



Walau biaya KUA murah tapi bagi sebagian orang dirasa cukup mahal juga biayanya, tak heran banyak orang susah memilih nikah siri, pernikahannya sah namun ilegal dimata negara.

Apa itu nikah siri?

Nikah siri adalah pernikahan yang dilakukan tanpa melalui proses yang diakui secara hukum atau lembaga agama di pemerintah. Artinya, pasangan yang menikah siri tidak memiliki dokumen pernikahan yang sah dan tidak diakui oleh pemerintah atau lembaga agama.

Pernikahan ini biasanya dilakukan secara diam-diam dan tanpa sepengetahuan keluarga atau masyarakat. Pernikahan siri sering kali dilakukan karena alasan ekonomi, sosial, atau budaya, tetapi tidak diakui secara resmi dan dapat memiliki konsekuensi hukum yang serius. Sebaiknya pasangan yang ingin menikah disarankan untuk menikah dengan proses yang sah dan diakui oleh pemerintah dan lembaga agama.

Namun, kalau mengikuti proses nikah secara agama bisa saja pernikahan itu sah!



Lantas apa maksudnya nikah secara agama?

Nikah secara agama adalah proses pernikahan yang diakui dan diatur oleh agama tertentu. Agama-agama seperti Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan lain-lain memiliki aturan-aturan yang berbeda dalam proses pernikahan. Namun, secara umum, nikah secara agama mengacu pada pernikahan yang dilakukan dengan proses yang sah dan diakui oleh agama yang bersangkutan.

Proses pernikahan secara agama umumnya meliputi berbagai tahapan, seperti akad nikah atau ijab kabul, upacara pernikahan, persetujuan dari kedua belah pihak, dan saksi-saksi yang sah. Pernikahan secara agama dianggap sebagai suatu ikatan yang sakral dan harus dihormati serta dilakukan dengan penuh kejujuran dan tanggung jawab.

Pernikahan secara agama memiliki nilai yang sangat penting bagi pasangan yang akan menikah, karena tidak hanya diakui oleh agama, tetapi juga oleh masyarakat banyak. Selain itu, pernikahan secara agama dianggap sebagai suatu tindakan yang memperkuat hubungan dan ikatan antara kedua pasangan serta menjamin kelangsungan hidup mereka bersama secara berkelanjutan.



Namun bagaimana bila pernikahan siri ini menjadi bisnis yang menggiurkan bagi sebagian orang?

Maka penyedia jasa nikah siri inipun bermunculan, seperti menurut sumber berita jasa nikah siri berada di sekitar Desa Cibeureum, Kecamatan Cisa­rua, Kabupaten Bogor dan sejumlah wilayah sekitar Bo­gor.

Dengan biaya Rp 2,5 juta sudah bisa menikah secara siri, dan juga mendapatkan surat nikah secara agama. Serta bukti-bukti kedua pasangan sudah menikah, terlebih bagi mereka yang ingin punya madu bini muda.



Namun tak hanya ingin punya bini muda ada juga Kampung Wangun 3 Cileungsi, Desa Ka­rangtengah, Kecamatan Ba­bakanmadang juga terkenal dengan sebutan Kampung Siri, karena mempraktekkan pernikahan seperti itu dikarenakan takut dosa. Jadi banyak anak-anak muda yang berpacaran tidak usah lama-lama, lebih baik dinikahkan walau efeknya rumah tangga ada yang hancur karena ego masih tinggi dan banyak yang jadi janda.

Disini ane agak kurang ilmu nih gan, kalau ada jasa pernikahan siri seperti itu, apakah hal itu tidak dilarang?

Wah, kalau pernikahan siri saja bisa menjadi proyek bisnis apalagi hal-hal lainnya yang bisa menjadi ladang cuan secara ilegal dimata negara.



Tapi ga salah juga sih yang legal saja juga memang menjadi bisnis banyak orang, dari tukang pelaminan, dekorasi, musik, hingga gedung dan sebagainya. Bayangkan bisnis yang luar biasa dari hajatan pernikahan, Hehehe ...

Terima kasih yang sudah membaca thread ini sampai akhir, bila ada kritik silahkan disampaikan dan semoga thread ini bermanfaat, tetap sehat dan merdeka. Ane c4punk pamit undur diri, See u next thread.

emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"


Tulisan : c4punk@2023
referensi : 1
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star









bukan.bomat
10mountainflat
madjoeki
madjoeki dan 8 lainnya memberi reputasi
9
5.5K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan