Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rinne.shiraAvatar border
TS
rinne.shira
Gubernur Koster: Saya Juga Tak Berharap Piala Dunia U-20 di RI Batal
Gubernur Koster: Saya Juga Tak Berharap Piala Dunia U-20 di RI Batal


Gubernur Bali Wayan Koster menegaskan sejak awal hanya menolak kedatangan Timnas Israel bertanding di Bali, tapi tak menolak gelaran Piala Dunia U-20. (CNN Indonesia/Khaira Ummah)

Denpasar, CNN Indonesia -- Gubernur Bali I Wayan Koster menyatakan bahwa dia juga tak ingin status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 dicabut.
Ia menegaskan sejak awal hanya menolak kedatangan Timnas Israel bertanding di Bali. Namun, ia tak menolak gelaran Piala Dunia U-20.

"Saya juga tidak berharap atas keputusan FIFA yang membatalkan kejuaraan Dunia FIFA U-20 di Indonesia, meskipun pemerintah pusat telah berupaya keras melakukan komunikasi dengan Presiden FIFA," kata Koster dalam keterangan tertulis, Kamis (30/3).

Lihat Juga :

Pesan Ganjar untuk Timnas U-20: Semangat Terus, Ini Bukan Kiamat

Koster menjelaskan dasar penolakannya terhadap kehadiran Timnas Israel ke Bali yaitu UUD 1945 yang menyatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Sementara itu, menurut dia, Israel telah menjajah Palestina selama puluhan tahun.

Dia mengatakan hal tersebut tidak sesuai dengan konstitusi RI dan prinsip Bung Karno sebagai bapak bangsa.

"Tidak menolak kejuaraan dunia FIFA U-20, melainkan hanya menyampaikan penolakan kehadiran tim Israel bertanding di Bali," ucapnya.

Selain itu, Koster menuturkan kehadiran Timnas Israel di Bali berpotensi jadi sasaran pihak yang membahayakan keamanan dan keselamatan warga Bali. Ia menegaskan tak menoleransi segala bentuk gangguan dan keselamatan warga.

"Saya tidak mentolerir terhadap potensi gangguan keamanan dan keselamatan masyarakat Bali, yang lebih lanjut akan berdampak luas atas kerja keras semua pihak selama ini, dalam upaya pemulihan pariwisata dan perekonomian Bali, sehingga baru bisa pulih dan bangkit kembali pasca pandemi Covid-19," katanya.

Lihat Juga :

Jokowi Diam Seribu Bahasa Piala Dunia U-20 Batal Digelar di Indonesia

Ia pun menyampaikan terima kasih kepada pihak yang mendukungnya. Koster mengatakan sikap penolakannya ini tak terlepas dari prinsip sejarah, kemanusiaan, dan tanggung jawab pergaulan antarbangsa.

"Keputusan FIFA yang membatalkan Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan dunia FIFA U-20 menjadi pelajaran yang sangat penting dalam membangun kesadaran bahwa sepak bola Indonesia harus dibangun sebagai bagian supremasi Indonesia dan hal tersebut harus menyeluruh," ujarnya.

FIFA mengumumkan pencabutan status tuan rumah Piala Dunia U-20 dari Indonesia. Keputusan itu diduga kuat sebagai buntut penolakan sejumlah pihak terhadap keikutsertaan Timnas Israel.

Lihat Juga :
Piala Dunia U-20 Batal di RI, Gubernur Koster Didesak Minta Maaf

Adapun Wayan Koster sempat mengirimkan surat kepada Menpora RI yang isinya menyatakan menolak Timnas Israel berlaga di Bali.

Dalam surat itu, Wayan Koster berpandangan kebijakan politik Israel terhadap Palestina tidak sesuai dengan kebijakan politik pemerintah Indonesia. Selain itu, kata dia, tidak ada hubungan diplomatik antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Israel.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...20-di-ri-batal

klau lu mau junjung uud 1945 , ga perlu merampas hak berpendapat orang juga

Diubah oleh rinne.shira 30-03-2023 08:55
fachri15
viniest
tepsuzot
tepsuzot dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.7K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan