Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Firdaus272Avatar border
TS
Firdaus272
Tanah Bergoyang Bikin Geger Warga, Begini Penjelasannya

Sumber gambar

Tanah adalah sebuah benda berwarna merah yang memiliki bentuk padat dan berwarna yang sudah menempel di bumi dengan berat dan luas tidak terhingga. Tanah umumnya dipakai sebagai lahan untuk pembangunan pemukiman tempat tinggal, jalan dan lainnya yang sudah menempel dibumi.

Biasanya tanah dipakai untuk digali dalam pembuatan patung dengan jenis tanah liat merah yang umum dipakai produsen untuk industri percetakan patung dan batu bata.


Namun baru ini viral di media sosial bahwa terdapat sebuah tanah dengan ukuran 3 kaki melingkar mengalami goyangan tidak biasa. Kondisi itu membuat heboh masyarakat dan jurnalis TV untuk menyorot kondisi tanah Bergoyang tidak biasa tersebut.

Kejadian viral ini akibat video unggahan seorang yang memasukan rekaman video berisi tanah Bergoyang yang di injak seorang bapak ke dalam media sosial agar mendapatkan perhatian dan komentar dari warganet dan peneliti tanah supaya mereka bisa menarik diri untuk mendatangi ke tempat kejadian tanah yang bergoyang.


Sumber gambar

Namun berdasarkan klasifikasi terkait adanya tanah Bergoyang yang terjadi, Bahwa tanah bergoyang terjadi karena bagian dalam tanah penuh dengan air campur lumpur yang amat kental. Kentalnya bagian bawah tanah penuh air dan lumpur tidak akan menyebabkan tanah itu tidak akan kering begitu saja dengan waktu yang lama.

Karena tanah yang berisi air dan lumpur akan terus basah dan lembek akibat kondisi tanah terus mengeluarkan air dari bawah tanah, biasanya akibat galian sumur yang ditutup saja dengan tanah sehingga bisa bergoyang dan tidak akan mengering bahkan tidak akan mengeras dalam waktu yang lama.

Kondisi tanah yang lembek saat digoyang dengan kaki dan bagian permukaan tanah yang mengeras seperti tanah biasa menyerupai rawa atau lumpur hisap seperti pada film aksi di Televisi biasanya saat di injak dengan kaki akan membuat seseorang masuk dan terperangkap didalamnya dan tidak tahu berapa lama.



Hal itu akan menimbulkan efek bahaya yang tidak bagi seseorang yang berjalan dan duduk di sekitar area tanah bergoyang. Pihak yang tidak bertanggung jawab hanya menutupnya dengan tanah tapi tidak mengeras seperti tanah pada umumnya.

Pengetahuan kurang dan malasnya seseorang yang menutup tanah bergoyang tersebut membuat tanah bergoyang terjadi. Perlunya peran masyarakat agar mampu menutup tanah bergoyang terus dengan benar sehingga tidak menimbulkan efek buruk bahkan menimbulkan korban jiwa.

Kondisi permukaan tanah yang mengeras seperti pada tanah umumnya membuat seperti perangkap yang dapat datang bagi orang yang melintasi area tersebut dalam waktu yang lama.

Terimakasih semoga bermanfaat.

Narasi: Opini

Referensi
0
982
9
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan