Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rinne.shiraAvatar border
TS
rinne.shira
Sidang Etik Putuskan Richard Eliezer Tidak Dipecat dari
Sidang Etik Putuskan Richard Eliezer Tidak Dipecat dari Polri



Bharada Richard Eliezer saat menjalani sidang etik yang digelar di Mabes Polri, Rabu, 22 Februari 2023. Jakarta, Beritasatu.com -

Sidang komite kode etik Polri (KKEP) memutuskan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E tetap menjadi anggota Polri atau tidak dipecat dari Polri. Putusan itu diambil sidang komite etik yang terdiri dari Ketua Sidang yakni Sesrowabprof Divpropam Polri, Kombes Sakeus Ginting. Kemudian, anggota komisi sidang terdiri dari Irbidjemen SDM I Itwil V Itwasum Polri, Kombes Imam Thobroni; serta Kabagsumda Rorenmin Bareskrim Polri, Kombes Hengky Widjaja dalam sidang di TNCC Polri, Rabu (22/2/2023).

"Terduga pelanggar masih dapat dipertahankan sebagai anggota Polri," kata Karopenmas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan.

BACA JUGA Ferdy Sambo, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf Absen di Sidang Etik Eliezer


Dikatakan, sanksi yang dijatuhkan terhadap Eliezer bersifat etika, yaitu dinyatakan sebagai perbuatan tercela. Eliezer wajib meminta maaf secara lisan kepada KKEP dan tertulis kepada pimpinan Polri.

"Sanski administrasi, demosi satu tahun," kata Ahmad Ramadhan.

Dalam menjatuhkan sanksi tersebut, sidang komisi etik Polri mempertimbangkan sejumlah hal. Bharada E dinilai belum pernah dihukum, mengakui kesalahan serta menyesalinya. Selain itu, Bharada E juga sudah menjadi justice collaborator.

"Justru kejujuran pelanggar dengan berbagai risiko mengungkap fakta yang sebenarnya terjadi," katanya.

Bharada E juga bersikap sopan selama persidangan serta masih berusia muda sehingga punya peluang meraih masa depan yang baik.

Bharada E juga telah meminta maaf kepada keluarga Brigadir Yosua atau Brigadir J atas ulahnya. Bharada E juga dinilai tidak punya keberanian untuk membantah perintah Sambo untuk menembak Brigadir J.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan bahwa, pihaknya akan mempertimbangkan semua aspek yang meringankan di sidang Komisi Kode Etik Polri (KKEP) Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E dan Bripka Ricky Rizal. "Seperti saya sampaikan bahwa kami akan mempertimbangkan semua aspek yang meringankan maupun untuk hal-hal lain yang tentunya, semuanya akan hitung," kata Sigit kepada wartawan di Rupatama Mabes Polri, Selasa (21/2/2023).

BACA JUGA
Kejari Jaksel Siap-siap Jebloskan Richard Eliezer ke Lapas

Diketahui, para pelaku kasus pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir Yosua atau Brigadir J telah dijatuhi vonis hukuman oleh majelis hakim PN Jaksel. Ferdy Sambo divonis hukuman mati, sedangkan Putri Candrawathi divonis hukuman 20 tahun penjara.
Selanjutnya, Kuat Ma'ruf dihukum 15 tahun penjara, Ricky Rizal dihukum 13 tahun penjara, serta Richard Eliezer atau Bharada E divonis 1,5 tahun penjara.

Sebagai informasi, salah satu pengakuan krusial Eliezer dalam kasus tewasnya Brigadir J yakni mengenai Ferdy Sambo yang memerintahkan dirinya untuk menembak Brigadir J. Bharada E memastikan, perintah Sambo kepadanya adalah untuk menembak Brigadir J, bukan menghajarnya.

BACA JUGA Keterangan Ferdy Sambo hingga Kuat Ma'ruf Dibacakan di Sidang Etik Eliezer

Bharada E menyampaikan hal tersebut saat menanggapi kesaksian Ferdy Sambo dalam persidangan kasus dugaan pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Rabu (7/12/2022). Duduk sebagai terdakwa dalam persidangan kali ini yakni Bharada E, Kuat Ma'ruf, dan Ricky Rizal.

"Saya membantah kata beliau tentang menghajar, bahwa tidak ada, tidak benarnya itu, karena yang sebenarnya kan beliau mengatakan kepada saya dengan keras, teriak juga, dia mengatakan kepada saya untuk 'woy kau tembak, kau tembak cepat, cepat kau tembak'," ungkap Bharada E dalam persidangan soal perkataan Sambo.

www.beritasatu.com/nasional/1029071/sidang-etik-putuskan-richard-eliezer-tidak-dipecat-dari-polri


Komentar ane :

Ssuai prediksi ane , doi ga bakal di PTDH karena ga mungkn juga doi dipecat pdahl udh berhasil menjebloskan sang jenderal yang sudah merusak citra polisi ke bui . Hbs sanksi demosi ny selesai, siap2 aja bakal di jadiin polisi sbgai bahan kampanye JC besar2an sma naik pangkat emoticon-Leh Uga
Diubah oleh rinne.shiras059 22-02-2023 12:32
diinamasaia
dragunov762mm
fiksyau
fiksyau dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.4K
90
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan