Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

kushkoosAvatar border
TS
kushkoos
Duh, Pedagang Ogah Jual Minyakita Rp 14.000, Ini Alasannya
22 February 2023 16:55
foto: Penjualan minyakkita di Pasar Jatinegara, Jakarta, Rabu (22/2/2023). (CNBC Indonesia/Martyasari Rizky)
Jakarta, CNBC Indonesia - Dalam upaya menstabilkan kembali harga minyak goreng di pasaran, khususnya untuk peredaran minyak goreng kemasan merek pemerintah Minyakita yang sempat langka, Kementerian Perdagangan (Kemendag) melalui operasi pasar (OP) telah memasok beberapa pasar dengan minyak goreng merek tersebut, salah satunya ke Pasar Enjo, Jatinegara, Jakarta Timur.

Berdasarkan pantauan CNBC Indonesia di Pasar Enjo pada hari Rabu (22/2/2023) pagi, produk Minyakita terlihat duduk manis di depan etalase para pedagang. Namun, harga Minyakita yang seharusnya sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp 14.000 per liter, ternyata masih ada beberapa pedagang yang menjual di atas HET tersebut.

Usut punya usut, ada beberapa alasan yang membuat pedagang masih menjual Minyakita di atas HET, salah satunya karena saat para pedagang tersebut membeli pada waktu OP, ternyata pedagang wajib melampirkan materai, formulir, dan beberapa berkas seperti fotokopi KTP.

"Sudah dari seminggu atau 10 hari lalu datang orang Rajawali atau sales Tropical, operasi pasar Minyakita, tapi kita belinya harus pakai materai, fotokopi KTP, isi formulir. Cukup rumit prosesnya," ujar Sri, salah seorang pedagang yang menjual Minyakita di Pasar Enjo kepada CNBC Indonesia, Rabu (22/2/2023).

"Sebenarnya bisa jual Rp 14 ribu per liter, tapi kan untung kita tipis banget, karena pas beli kita harus pakai materai juga. Kalau gak ada materai sih bisa jual Rp 14.000 kan untung Rp 1.000 ya dari Rp 13.000, itu kalau pakai materai segala gak ada untung Rp 1.000, akhirnya kita jual kadang Rp 14.000 kadang Rp 15.000. Gitu, terus terang aja," ungkap Sri.


Adapun untuk harga beli Minyakita pada saat operasi pasar adalah seharga Rp 151.200 per kardus, isi 12 kemasan Minyakita ukuran 1 liter Rp 14.000.

Hal senada juga disampaikan Wera, penjual Minyakita lainnya di Pasar Enjo. Dia mengatakan bahwa proses beli yang terbilang rumit dan harus menyertakan materai ini baru dilakukan setelah fenomena Minyakita yang langka di pasaran.
"Semenjak Minyakita langka saja harus pakai materai, sebelumnya gak perlu," ujar Wera.

Saat ini, Wera menjual Minyakita di tokonya dengan harga sesuai HET, yaitu Rp 14.000 per liter. Namun, tak menutup kemungkinan juga harga tersebut bisa ia naikkan kalau Minyakita kembali langka di pasaran. "Kalau langka lagi ya dinaikin lagi, tergantung," ujarnya.

Selain itu, pembelian Minyakita pada saat OP, kata para pedagang juga dibatasi. Satu toko hanya boleh membeli sebanyak 15 kardus, sehingga untuk persediaan Minyakita dari hasil operasi pasar kemarin, di toko para pedagang kini sudah habis, dan pedagang sudah mulai mengisi stoknya dengan Minyakita yang mereka beli di agen dengan harga yang lebih mahal. Hal itu juga yang membuat para pedagang memasang harga Minyakita di atas HET Rp 14.000 per liter.

"Kalau dari agen memang gak perlu (lampirin materai dan berkas lainnya), tapi harganya di sana sudah Rp 14.000 per liter. Kalau dari operasi pasar kan lebih murah, tapi dijatah, cuma dapatnya 1 toko itu 15 dus," kata Helwi, salah seorang pedagang lainnya di Pasar Enjo.

"Stok dari operasi pasar sudah habis, itu mah cuma 2 hari saja. Jadi sekarang ngisi stok ngambil dari agen," tambah dia.

Jumadi menuturkan hal yang sama, bahwa untuk mengisi stok tokonya sekarang ini, ia harus membeli dari agen dengan harga Rp 14.000-15.000 per liter sehingga dia sudah tidak bisa jual dengan harga HET Rp 14.000. Dia menjual Minyakita di harga Rp 15.500-16.000 per liter.

"Modalnya kan sudah Rp 15.000, kita jual Rp 16.000. Ambil untung seribu saja, kalau ada yang nawar saya kasih Rp 15.500 per liter," tutur Jumadi.

sumber

kasihan pedagang minyak goreng gan, sudah dipaksa beli materai, jualan ga boleh banyak2, harga ditentukan pula. wajar kalo nanti makin langka karena untungnya tipis banget gan



Diubah oleh kushkoos 22-02-2023 11:21
matcha.tea.1402
janurhijau
ushirota
ushirota dan 3 lainnya memberi reputasi
4
2.1K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan