yud1kaAvatar border
TS
yud1ka
Tangkal Corona Orang Ciamis Minum Jamu Seduh, Ini Penjelasan Oleh Peneliti


Pedagang jamu di Ciamis, belakangan ini semakin laris manis. Penyebabnya, ternyata karena virus corona. Banyak pembeli yang mencari jamu seduh tradisional.

Seperti di Toko Jamu milik ibu Mamah di Pasar Manis, Ciamis. Beberapa waktu ini, setelah adanya isu virus corona, toko jamu ini kedatangan banyak pembeli.

Rata-rata masyarakat yang datang menanyakan racikan jamu tradisional di lapaknya.

Mamah menuturkan, dalam satu bungkus jamu seduh yang dijualnya, terdapat kandungan tanaman herbal seperti temulawak, kunyit, jahe, juta tanaman obat lainnya.

Jamu ini memang dipercayai memiliki banyak khasiat serta untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh. Sehingga terhindar dari virus berbahaya.

Terlebih saat cuaca ekstrem seperti sekarang, banyak masyarakat yang mencari alternatif untuk menjaga tubuh terhindar dari sakit.

Namun, timbul pertanyaan apakah benar jamu tradisional yang terbuat dari rempah-rempah dapat menangkal virus tersebut?

Dikutip dari liputan6.com menurut pengajar dan peneliti Fakultas Farmasi UGM Ronny Martien mengatakan jika jamu merupakan langkah preventif agar terhindar dari virus corona.

Ronny menyebutkan jamu dan sejenisnya seperti empon-empon bukan obat virus corona. Tapi rutin minum jamu dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari penyakit.

Namun, minum jamu secara berlebihan juga tidak baik. Sebaiknya mengkonsumsi jamu dan empon-empon sesuai dengan kondisi tubuh yang ada.

Ronny menyentil soal kebiasaan masyarakat Indonesia ketika sakit dimana obat seolah-olah menjadi satu-satunya solusi atau cara ketika sedang sakit.

Makanya langkah preventif itu penting dengan jamu, karena hal ini dapat menjadi titik balik masyarakat Indonesia untuk kembali mencintai jamu sebagai gaya hidup.

Nah gansis udah jelaskan? dengan adanya virus corona ini membuat masyarakat sadar betapa penting langkah preventif dengan konsumsi jamu dan empon-empon.

Sehingga dapat menjadi gaya hidup di tengah kondisi zaman seperti saat ini. Apalagi jamu merupakan karya leluhur yang harus dilestarikan. Keberadaannya tidak lekang oleh waktu.

Produk yang tak lekang oleh waktu itu sudah terbukti karena punya khasiat. Tinggal menyikapinya dengan lifestyle kita. Jahe ada senyawa yang membunuh virus kayak anti bakteri.
nona212
tien212700
abahekhubytsany
abahekhubytsany dan 6 lainnya memberi reputasi
7
3K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan