Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

gabener.edanAvatar border
TS
gabener.edan
Pergerakan Tanah Berpotensi Di 15 Kecamatan Di Jakarta, Begini Upaya Mitigasi Pemprov
Pergerakan Tanah Berpotensi Di 15 Kecamatan Di Jakarta, Begini Upaya Mitigasi Pemprov DKI

Suara.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan informasi adanya potensi pergerakan tanah di 15 Kecamatan di Jakarta. Informasi merupakan prediksi dari Pusat Vilkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG).

Prakiraan wilayah potensi terjadi gerakan tanah disusun berdasarkan hasil tumpang susun (overlay) antara peta zona kerentanan gerakan tanah dengan peta prakiraan curah hujan bulanan yang diperoleh dari BMKG.

Potensi pergerakan tanah di Jakarta berada pada zona menengah. Pada zona menengah, dapat terjadi gerakan tanah jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

Kasatpel Pengolahan Data dan Informasi BPBD DKI Jakarta Michael Sitanggang menjelaskan, ada empat langkah mitigasi potensi pergerakan tanah di Jakarta tersebut.

Langkah pertama adalah menyampaikan sosisalisasi kepada masyarakat tentang prakiraan ini melalui situs web bpbd.jakarta.go.id dan media sosial BPBD DKI.

"Informasi peringatan dini pergerakan tanah sebagai langkah kesiapsiagaan bagi masyarakat," ujar Michael kepada wartawan, Minggu (15/12/2023).

Lalu, ia meminta masyarakat, khususnya yang berada di kawasan sekitar sungai dan lereng agar tidak menebang pohon dan melakukan pemotongan lereng secara tegak lurus. Hal ini perlu dilakukan demi menghindari terjadinya kejadian tanah longsor.

"Juga, mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di sekitaran lereng apabila hujan deras melanda di sekitarnya," ucap Michael.

Langkah ketiga, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan aparat kewilayahan seperti lurah dan camat untuk memantau titik-titik yang rawan longsor, bersama dengan Tim Reaksi Cepat BPBD DKI.

"Kemmpat, menyiagakan layanan kedaruratan melalui nomor 112 agar masyarakat dapat melaporkan keadaan darurat yang dialami atau ditemui dan juga bisa dilaporkan melalui aplikasi JAKI," pungkasnya.

https://www.suara.com/news/2023/01/1...si-pemprov-dki

Keep waspada...emoticon-Malu

Terutama bila di daerah tersebut ada hasil karya bpk yohanies yaitu lubang unfaedah .emoticon-Leh Uga
Diubah oleh gabener.edan 15-01-2023 05:38
valkyr9
xneakerz
xneakerz dan valkyr9 memberi reputasi
2
885
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan