Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
Deretan Kerajaan Kristen di Indonesia, Ada yang Didirikan Pasangan Suami Istri
Deretan Kerajaan Kristen di Indonesia, Ada yang Didirikan Pasangan Suami Istri


Kerajaan Kristen pertama di Indonesia adalah Larantuka. (Foto: ilustrasi/pixaby)

JAKARTA, iNews.id - Agama Kristen masuk ke Indonesia bersamaan dengan kedatangan bangsa-bangsa Eropa. Bangsa Eropa datang ke Indonesia dengan tujuan untuk mencari rempah-rempah dan juga menyebarkan agama mereka. 

Layaknya agama-agama lain yang mempunyai sejarah panjang di Indonesia, agama Kristen juga menguatkan eksistensinya, yang ditandai dengan berdirinya beberapa kerajaan bercorak Kristen di Indonesia. 

Berikut empat kerajaan Kristen di Indonesia: 

1. Kerajaan Larantuka

Kerajaan Larantuka merupakan kerajaan Kristen pertama di Indonesia. Terletak di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), kerajaan ini diperkirakan sudah ada sejak abad ke-13 Masehi. Wilayah kekuasaan Kerajaan Larantuka mencakup Pulau Solor, Pulau Lembata, Pulau Adonara, dengan pusat pemerintahannya di Pulau Flores. 

Larantuka memiliki luas 75,91 kilometer persegi. Kini, sebagai kecamatan di Kabupaten Flores Timur, Larantuka terdiri dari 18 kelurahan.

Kerajaan Larantuka pada awalnya bernama Ata Jawa yang didirikan oleh sepasang suami istri bernama Pati Golo Arakian dan Wato Wele. 

Kerajaan ini kemudian bercorak Katolik setelah adanya hubungan dengan bangsa Portugis di abad ke-16. Bangsa Portugis melakukan transaksi perdagangan, membangun koloni, sekaligus menyebarkan pengaruh agama Katolik di wilayah Larantuka.

Dalam perjalanannya, kerajaan ini mengalami lika-liku karena terjadi konflik antara Portugis dan Belanda. Karena sama-sama ingin menguasai wilayah Larantuka, akhirnya terjadi peperangan antara Portugis dan Belanda. Pada 20 April 1859, bangsa Portugis kalah dalam peperangan dan menyerahkan wilayah Larantuka ke tangan Belanda.

Setelah Belanda menyerah dari Jepang pada 1942, Larantuka akhirnya menjadi wilayah kekuasaan Jepang. Ketika Jepang kalah dari bangsa Indonesia, Larantuka yang tidak lagi berstatus kerajaan dan memutuskan bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan pusat pemerintahan di Kabupaten Flores Timur, NTT.

2. Kerajaan Siau

Kerajaan Kristen lain yang pernah ada di Indonesia adalah Kerajaan Siau di Sulawesi Utara. Kerajaan tersebut adalah kerajaan Kristen kedua yang berdiri di Nusantara, setelah Kerajaan Larantuka yang berdiri di Flores Timur. Kerajaan Siau bercorak agama Protestan yang didirikan oleh Lokongbanua II pada 1510.

Agama Katolik sempat dianut oleh Kerajaan Siau. Namun, lama-kelamaan masyarakat kembali kepada kepercayaan mereka semula, seiring dengan tidak berkembangnya agama Katolik karena kurangnya pembinaan. Saat membangun hubungan dengan Spanyol, Kerajaan Siau menganut Katolik kembali.

Pada 1677, kondisi Kerajaan Siau mengalami beberapa perubahan sejak kedatangan Belanda dan sekutunya, Ternate. 

Belanda yang menganut Kristen Protestan pun berhasil mendesak Kerajaan Siau dan rakyatnya untuk memeluk agama Protestan. Masa berdirinya Kerajaan Siau berakhir pada 1956.

3. Kerajaan Manado

Kerajaan Manado merupakan salah satu kerajaan Kristen dengan corak agama Katolik dari pengaruh Portugis. Kerajaan Manado ini terletak di Pulau Manado Tua, Sulawesi Utara. Kerajaan Manado merupakan kelanjutan dari Kerajaan Bowontehu yang berdiri sejak 1399-1670.

Wilayah Kerajaan Manado meliputi Pulau Siladen, Bunaken, Mantehage, Nain, Talise, Gangga, Bangka, Lembe dan daerah pesisir Pulau Sulawesi, hal ini menurut memori Gubernur VOC di Maluku, Robertus Padtbrugge.

Menurut Robertus Padtbrugge, saat ia berada di Manado pada 1677, penduduk Kerajaan Manado adalah orang Sangihe. Menurutnya, orang Sangihe sudah ada di Manado Tua sejak 1332 dan merupakan penduduk pribumi pertama di Kerajaan Manado. Senada dengan Robertus Padtbrugge, misionaris Nicolaas Graafland mengatakan bahwa penduduk Kerajaan Manado berasal dari suku Sangihe.

Raja yang pernah memimpin Kerajaan Manado, antara lain adalah Raja Don Fernando (1644) yang merupakan raja yang terkenal dan Raja Loloda Mokoagouw (1664-1670) sebagai raja terakhir. 

Kerajaan Manado pernah memainkan peranan penting dalam perniagaan saat bangsa Portugis dan Spanyol menjadikan Kerajaan Manado sebagai gudang penyimpanan barang yang mereka bawa maupun yang dibeli dari penduduk pribumi.

4. Kerajaan Sikka

Kerajaan Sikka merupakan salah satu kerajaan Kristen yang terletak di Nusa Tenggara Timur. Kerajaan Sikka bercorak agama Katolik yang terpengaruh dari bangsa Portugis. 

Dalam perjalanannya, Kerajaan Sikka mengalami beberapa perubahan, pada 1875, ketika kekuasaan berpindah dari Portugis ke Belanda. Belanda menerapkan kebijakan Devide et Impera dan membagi kerajaan Sikka menjadi tiga bagian, yaitu Kerajaan Sikka (Kerajaan Sikka Besar), Nita, dan Kangae (Kerajaan Sikka Kecil). 

Solusi ini tidak bertahan lama karena Pemberontakan Teka terjadi pada tahun 1908, yang mengembalikan Kerajaan Sikka menjadi satu.

Dikutip dari website resmi Pemerintah Kabupaten Sikka, terdapat raja-raja yang pernah memerintah Kerajaan Sikka. Raja yang memerintah di zaman Portugis, antara lain Raja Don Alesu Ximenes da Silva, Ratu Dona Ines (putri Raja Don Alesu Ximenes da Silva).

Kemudian Raja Djudje Mbako I, Raja Prispin da Silva, Raja Don Luis Mbia da silva, dan Raja Thomas Mbo I. Sedangkan raja yang bertakhta pada zaman Belanda, antara lain Raja Andreas Djati da Silva (1874-1898).

Lalu Raja Mbako II (1898-1902), Raja J. Nong Meak da Silva (1902-1922), Raja Don Thomas Ximenes da Silva (1922-1947), Raja Don Thomas Ximenes da Silva (1947-1954), dan terakhir, Raja P.C.X. da Silva (1954-1958).

https://regional.inews.id/berita/der...an-suami-istri
penthouse.3
SuniC
gamarue1912
gamarue1912 dan 8 lainnya memberi reputasi
7
3.5K
45
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan