Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cuacarino123740Avatar border
TS
cuacarino123740
Jokowi Sebut Normalisasi Sungai yang Dihentikan Anies Baswedan
Reporter
Mutia Yuantisya
Editor
Sunu Dyantoro
Jumat, 23 Desember 2022 18:18 WIB


TEMPO.CO, Jakarta - Di hadapan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengeluhkan penanganan banjir di Jakarta. Oleh karena itu, ia meminta Heru serius menuntaskan masalah banjir Jakarta.

"Banjir di Jakarta itu, siapa pun gubernurnya harus konsisten menyelesaikannya. Di sini ada Gubernur DKI Jakarta dan Jawa Barat, Saya minta betul agar dituntaskan secara konsisten, baik yang berkaitan dengan waduk (atau bendungan) ini selesai,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat, 23 Desember 2022..

Jokowi juga meminta Heru Budi menuntaskan normalisasi 13 sungai yang ada di Jakarta, menyelesaikan Sodetan Ciliwung menuju BKT, tanggul laut, dan Giant Sea Wall, serta pengelolaan pompa-pompa yang ada dengan manajemen yang lebih baik. Normalisasi sungai ini pada era Anies Baswedan dihentikan. Sebagai gantinya, ia memilih kebijakan naturalisasi. “Kalau tidak selesai, sampai kapan pun Jakarta akan selalu banjir ," kata dia.


Hari ini, Presiden Joko Widodo didampingi Heru Budi Hartono meresmikan secara simbolis dan menandatangani prasasti Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi. Peresmian ini turut disaksikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau Menteri PUPR Basuki Hadimuljono; Menteri Agraria dan Tata Ruang RI/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil; dan Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan.

Pembangunan dua bendungan ini merupakan salah satu upaya Pemprov DKI Jakarta bersama Pemerintah Pusat melalui Kementerian PUPR RI yang masuk dalam rencana induk (master plan) sistem pengendalian banjir (flood control system) Jakarta.

Hal ini adalah komitmen bersama dalam penanganan dan pengendalian banjir di Jakarta dan sekitarnya secara komprehensif, mulai dari hulu hingga di hilir. Bendungan Ciawi dan Sukamahi dibangun agar dapat mereduksi debit air Sungai Ciliwung ketika musim penghujan tiba. Dengan fungsi khusus tersebut, kedua bendungan ini masuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN).

Tempo.co
antiketek
xneakerz
s.c.a.
s.c.a. dan 9 lainnya memberi reputasi
10
2.8K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan