Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Humvee Saber - New Version of The Legendary Humvee
Quote:


Kilas balik dalam ajang Eurosatory yang digelar 13-17 Juni 2022 lalu di Prancis, dalam pameran senjata tersebut bsnyak produk baru yang diluncurkan. Salah satu yang menarik menurut TS adalah munculnya varian terbaru Humvee yang dikenal sebagai Saber.

Seperti yang kita ketahui, Amerika mulai menghentikan pesanan Humvee; dan kini mereka mulai menggunakan kendaraan baru bernama JLTV buatan Oskhos. Seolah tak ingin kendaraan legendaris yang jadi ikon tentara AS hilang begitu saja, kini AM General melakukan desain ulang terhadap Humvee; yang kemudian melahirkan Humvee Saber. Namun, pada awalnya pihak AM General memberi nama NXT 360 sebelum berganti nama menjadi Saber.

Kendaraan ini dibuat menggunakan chassis AM General 13-Series HMMWV 4x4, tata letak umum kendaraan adalah standar untuk kendaraan lapis baja taktis ringan dengan mesin di depan, kompartemen kru dan pasukan di tengah dan area kargo di belakang. Kendaraan ini ditenagai oleh mesin diesel 6.5L V8 turbocharged yang menghasilkan tenaga maksimal 205 hp yang dijodohkan dengan transmisi 4 kecepatan . Kendaraan ini dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 90 km/jam dengan daya jelajah maksimum 402 km.

Quote:


Dari sisi proteksi, Humvee Saber memberikan perlindungan dari energi kinetik 360°, termasuk perlindungan ledakan di bawah kendaraan untuk roda depan dan belakang serta undercarriage tengah. Kendaraan ini dapat menampung hingga enam personel militer. Setiap sisi kendaraan dilengkapi dengan dua pintu yang terbuka ke depan.

Kamera video digital juga dipasang untuk memberikan gambar di luar kendaraan dengan sudut 60°-120°, gambar kemudian ditampilkan ke layar LED definisi tinggi di bagian dalam kendaraan. Layar ini tersedia di kabin komandan yang ada di depan serta kabin penumpang di belakangnya.

Humvee Saber juga dilengkapi fitur MBrace, sistem perlindungan penumpang canggih buatan manufaktur IMMI, untuk menambahkan perlindungan kepada kepala dan leher untuk mengantisipasi jika terjadi kecelakaan saat sedang bertugas.

Quote:


Menghadapi era modern di mana penggunaan drone menjadi hal yang lumrah, pihak AM General juga merancang Humvee Saber untuk misi anti drone. Dengan memasang Modular Anti-Drone System Kit (MADSK). Di mana sistem anti drone ini dibuat oleh pihak Elta North America, sejauh ini pihak AM General belum merilis spesifikasi dari sistem anti drone tersebut.

Jalan Humvee Saber memang masih panjang, dengan berbagai pembaruan perangkat digital modern serta sistem anti drone; AM General tidak akan membiarkan sosok Humvee yang legendaris dilupakan begitu saja.


Quote:



Referensi Tulisan: Army Recognition& AM General
Sumber Foto: sudah tertera di atas
bang.toyip
salvation101
gabener.edan
gabener.edan dan 11 lainnya memberi reputasi
12
1.8K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan