Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

legiunoskarAvatar border
TS
legiunoskar
11 Benda Yang Sangat Berguna Saat pendakian

Spoiler for spoiler:




Bagi kalian yang suka hiking tentu benda – benda yang akan ane sebutin disini adalah benda – benda yang sangat familiar buat kalian, tapi bagi pemula atau bahkan sama sekali belum pernah melakukan pendakian tentu benda – benda ini adalah benda yang asing atau belum pernah dengar. Nah ane akan sebutkan beberapa benda yang harus dibawa saat kalian akan melakukan pendakian. Yuk check…

1. Carrier, ini sih sebenarnya cuma tas hiking tapi para pendaki biasa menyebutnya dengan carier, banyak sekali ukurannya, ada yang 50 liter ada yang 60, dan ada yang 70 liter, semua tergantung seberapa banyak barang – barang yang akan dibawa dan kemampuan angkut si pendaki itu sendiri.

2. Sepatu dan atau sendal gunung, benda ini sangat mutlak harus dibawa, karena digunung merupakan kawasan yang memiliki cuaca yang extrem, akan sangat panas disiang hari dan akan sangat dingin dimalam hari, bahkan bisa saja hujan badai yang sangat deras. Tentu untuk mendukung semua itu diperlukan sebuah sepatu atau sandal gunung yang cukup nyaman. Ingat ya jangan gunakan sandal jepit, apalagi yang merk S*****w, pastinya kaki kalian akan jadi korban. Bisa saja kaki kalian terkilir, cedera atau bahkan terperosok ke jurang.

3. Tenda doom, sebenarnya banyak sekali jenis tenda yang bisa digunakan, tapi yang ane sarankan adalah memakai tenda merk – merk outdoor ( yang familiar di Indonesia ) kalian pasti tau. Jangan gunakan tenda pramuka ya, karena tenda pramuka tidak bisa melindungi kita dari hujan dan dingin. Gunakan tenda hanya sesuai dengan kapasitas orang yang mendaki, misalnya gunakan tenda kapasitas 6 untuk pendaki berjumlah 4 orang, gunakan tenda kapasitas 4 untuk pendaki berjumlah 2 orang. Ini berkaitan dengan carrier dan barang – barang lainnya yang kita bawa, agar tenda tidak terlalu sempit sehingga masih nyaman untuk digunakan untuk beristirahat.

4. Matras , ini jelas sangat penting, agar kita pada saat tidur tidak kedinginan karena badan kita langsung menempel ke lantai tenda, menggunakan matras adalah hal yang sangat penting, kalau bisa gunakan matras yang sudah dilapisi dengan alumunium foil, dijamin tidur kalian akan sangat nyenyak karena dingin sudah dihalau oleh matras kalian.

5. Sleeping Bag ( SB ) ini juga salah satu benda yang sangat penting untuk kebutuhan tidur kalian agar nyenyak, karena tidak akan kedinginan, SB cukup membantu memberikan kehangatan pada saat kalian istirahat ditenda, saran ane gunakan SB yang berbahan polar karena bahan ini cukup mampu menahan dingin dan air.

6. Peta jalur pendakian dan Compass, memang jalur pendakian untuk saat ini sudah sangat jelas sekali, bahkan disetiap titik pasti ada rambu yang menunjukkan ke arah puncak, sudah banyak pendaki pula yang lalu lalang naik atau turun mendaki, sehingga kemungkinan kita akan tersesat sangat kecil sekali. Akan tetapi menurut ane kita masih perlu mengantongi peta dari basecamp dan compas sebagai pendukung perjalanan, jangan menyepelekan ya, karena banyak sekali pendaki tersesat karena menyepelekan hal – hal semacam ini.


Spoiler for spoiler:



7. Kompor portable, mana mungkin kita bisa bikin kopi dan menikmati indahnya alam tanpa membawa kompor untuk memasak air atau memasak makanan, ini menurut ane juga sangat penting, karena kita bisa memasak secara baik jika ada kompor portable, dan yang masih teruji praktis adalah kompor portable dengan bahan bakar gas.

8. Jaket atau baju hangat, sangat bodoh kalau ke gunung tanpa membawa jaket, itu namanya bunuh diri, bisa – bisa kalian terkena hipotermia yang menyebabkan halusinasi, Banyak para pendaki mengalami musibah karena menyepelekan hal yang satu ini, jadi jangan sampai lupa memasukkan jaket pada list bawaan kalian pada saat mendaki gunung.

9. Obat – obatan ( P3K ) sebut aja obat apapun yang menurut kalian berguna dalam perjalanan, yang paling penting bawa hansaplast, alkohol,tetes mata, obat merah dan perban, untuk obat yang lain kalian bisa tambahkan sendiri menurut kebutuhan kalian masing – masing.

10. Tutup Kepala ( topi ), kaca mata hitam dan masker ( buff ), ini sangat berguna ketika cuaca sangat panas dan berdebu.

11. Logistik, dan air bersih, ini tentunya kalian tidak boleh ketinggalan, logistik bisa berupa makanan berat ( beras, roti, ubi, singkong dll ) atau makanan ringan ( snack ), dan jangan sampai lupa, air bersih yang cukup untuk memasak dan minum.

Nah itu adalah 11 benda yang menurut ane sangat berguna pada saat pendakian, kalau ada yang kurang tolong dong tambahkan, agar kita semua bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik.
provocator3301
Okutet
andrah.aja
andrah.aja dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.2K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan