Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mochzainalftAvatar border
TS
mochzainalft
Mesin Motor ‘Jebol’? Ini Tanda & Penyebabnya!
Halo agan dan sista!
emoticon-Shakehand2

Yang bisa jebol itu bukan hanya dompet aja, ternyata mesin motor pun bisa jebol. Dompet atau keuangan kita bisa jebol jika uangnya digunakan terus-terusan tapi pemasukannya kurang atau gak ada sama sekali. Nah mesin motor bisa jebol jika si mesin digunakan terus-terusan tapi mesinnya kurang dirawat.


http://otosite.net/wp-content/uploads/2017/05/Cara-Meningkatkan-Performa-Mesin-Motor-Matic.png

Salah satu tanda mesin motor mulai jebol adalah tarikan mesin yang mulai terasa kasar dan gak nyaman saat dikendarai. Hal itu disebabkan oli di dalam mesin sudah berkurang volume dan kualitasnya sehingga kinerja mesin kurang mulus. Komponen seperti piston, silinder, dan part-part lain akan lebih cepat aus karena tidak terlindungi oli secara baik selama bekerja.

Tanda lainnya adalah penggunaan bahan bakar yang menjadi lebih boros. Hal tersebut disebabkan oleh tarikan mesin yang berat karena komponen-komponennya tidak terawat hingga kerjanya terhambat.


https://lizjansen.com/wp-content/uploads/2012/04/Fuel-Gauge.jpg

Kalo kedua hal itu dibiarkan, lama-kelamaan dapat merambah pada level yang lebih parah, yaitu jebolnya mesin motor. Pada tahap yang parah itu, motor udah gak bisa dikendarai dan kalo dipaksakan bisa malah makin rusak.

Penyebab mesin motor jebol adalah telat ganti oli. Oli berfungsi untuk melumasi komponen mesin di dalam motor agar ketika bergesekan dapat tercipta gesekan yang mulus tanpa saling merusak. Selain itu, oli juga bisa menyerap suhu panas dari komponen mesin yang saling bergesekan tadi agar suhunya tetap aman. Nah, kalo olinya udah gak bagus atau berkurang volumenya, otomatis si oli udah kurang maksimal dalam melumasi dan mendinginkan mesin. Akibatnya komponen-komponen mesin jadi tidak terlindungi dari suhu panas berlebih dan gesekan antar komponen. Apalagi kalo bener-bener olinya sampai habis atau kering, parah banget deh! Pasti komponennya udah gak bisa dipake lagi kalo olinya sampai kering gitu. Mesti dibawa ke bengkel kalo udah gitu.



Biar mesin motor tetap terjaga performanya, jangan sampai lupa atau males ganti oli. Oli pada motor biasanya harus diganti setiap 2000an Kilometer. Pilih oli yang cocok dan sesuai dengan spesifikasi motor. Misalnya nih, kalo ane kan pake motor matik, jadi pake Eni Oil i-Ride 4T Matic (dulunya nih namanya Agip) yang emang diciptakan khusus buat motor matik dan bisa melapisi seluruh komponen mesin dengan baik. Dan karena dibuat dari base oil pilihan dengan additive khusus, oli ini juga bisa mengefisienkan bahan bakar motor biar lebih hemat. Terus terbukti, tarikan motor ane lebih enteng.

Kalo agan-sista pada rajin ganti oli motornya kan? Jangan sampai telat ganti ya, nanti mesinnya bisa jebol.
emoticon-Leh Uga

1
11K
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan