Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ulungrinjaniAvatar border
TS
ulungrinjani
Mengenal Hino FC 190 Bus, Bus Medium Dari Hino Yang Bisa Muat 39 Orang Penumpang!
Hola Agan dan Sista! Selamat pagi, siang, sore dan malam bagi Gansis di seluruh dunia! Kali ini, ane bakal bahas seputar Hino FC 190 Bus, Bus medium dari Hino yang bisa muat 39 orang penumpang.




Siapa sih yang belum pernah melihat bus? Ane kira, pasti Gansis semua pernah dong melihat sebuah bus di jalan raya, atau bahkan mungkin menaikinya, melihat populasi bus yang sudah cukup banyak di Indonesia.

Bus memiliki jenis-jenisnya tersendiri. Mulai dari sasisnya, ada sasis ladderframe, spaceframe, dan monocoque. Atau dari ukurannya, ada bus berukuran besar, ada yang berukuran medium, ada yang berukuran micro. Atau dari jumlah lantainya, ada bus tingkat (Double Decker) ada juga bus Single Decker biasa.




Nah, kali ini ane akan membahas seputar bus yang bersasis ladderframe, berukuran medium, dan berlantai satu. Tepatnya, Hino FC 190 Bus, yang sudah dikeluarkan cukup lama oleh Hino Indonesia.

Hino FC 190 Bus sendiri diluncurkan di tahun 2015, di ajang GIIAS 2015. Responnya ane kira cukup baik karena setahu ane pada saat itu hanya FC 190 Bus yang bermain di kelas medium bus berkapasitas 39 penumpang. 



Spesifikasi dari Hino FC 190 sendiri adalah:

- Dimensi panjang 9,15 meter, lebar 2,16 meter dan wheelbase 5,32 meter.
- Transmisi manual 6 speed, final gear ratio 5,672.
- Mesin J05E-UP 4 silinder inline, bertenaga 190hp dan bertorsi 56kgm, drive-by-wire with ECU and commonrail (CMIIW).
- Suspensi standard leaf spring, GVW 10,4 ton.
- Sasis ladderframe dengan power steering.
- Kapasitas tangki solar 200 liter.



Sebagai sasis yang memang dikhususkan untuk dipasangi body medium bus, FC 190 Bus sendiri hanya bisa dipasangi body bus medium. Contohnya Jetbus 3+ MD by Adiputro, Tourista by Laksana, atau Tourismo by Morodadi Prima.

Teknologinya pun sudah cukup advance. Mesin J05E-UP ini memiliki injeksi dengan teknologi commonrail, dipadu dengan ECU dan sistem elektris lainnya. Emisinya sendiri setahu ane memiliki standar Euro 2, CMIIW.



Bentuk setir dan speedometernya sudah cukup modern, dengan setir 2 palang khas Hino zaman now, serta speedometer yang sama ditemukan di sebagian truk-truk Hino. 

Perawatannya bisa dibilang mudah. Sebab sparepartnya cukup gampang, dan jaringan diler Hino sudah cukup merata di Indonesia, hampir di tiap provinsi pasti ada diler Hino.



Kapasitas tangki menurut ane sudah lumayan, karena mencapai 200 liter. Dengan asumsi konsumsi BBM 1:5, bus ini bisa menempuh jarak 1000 kilometer, hanya dengan satu kali isi solar fulltank.

Harga dari sasis ini off the roadnya sekitar 417 juta rupiah di sekitar tahun 2016. Kalau sekarang ane kurang tahu, tapi perkiraan ane tak akan jauh-jauh dari 500-600 juta rupiah.



Oh iya, untuk arti kode dari sasis ini adalah, "FC" artinya bus medium Hino "kelas C" yang juga ada versi truknya (Hino Ranger FC 190). Sementara, "190" artinya truk ini punya tenaga sebesar 190hp.

Ciri khasnya dari luar adalah memakai velg kecil tapi dimensi sangat panjang dan ada logo Hino di bagian depan bus. Untuk dari dalamnya sendiri memiliki ciri khas instrument cluster yang sudah agak modern tapi tanpa MID, dan setir khas Hino dengan 2 palang.



Nah, itulah isi thread ane tentang Hino FC 190, bus medium dari Hino yang bisa muat 40 orang penumpang. Jadi, gimana pendapat Gansis seputar thread ane? Oh iya, ane akan sangat berterima kasih apabila Gansis mengoreksi informasi di thread ini yang salah!

Sumber: Opini Pribadi
Narasi: Opini Pribadi
Pic: Terlampir
Disclaimer: Thread ini tak bertujuan untuk mempromosikan maupun menjatuhkan siapapun.
Original Written By: @ulungrinjani

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star

emineminna
kuciank
davecchio
davecchio dan 12 lainnya memberi reputasi
13
6.7K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan