Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

DianAhmadKaskusAvatar border
TS
DianAhmadKaskus
Masjid Bersejarah Di Singapura. Sultan Banget Pokoknya!


Assalamualaikum GanSist,

Ketemu lagi dengan ane yang hobi banget ngoceh dan ngobrolin hal-hal retjeh yang bikin hepi.

Thread ane kali ini pengen cerita soal sebuah masjid di Singapura. Perlu gansis ketahui, Singapura mempunyai warga negara yang multietnis. Di antaranya ada china, melayu, india, bangladesh dan suku minoritas, termasuk indonesia. Tapi Singapura menjunjung tinggi kebebasan beragama, jadi masjid-masjid sebagai tempat peribadatan umat muslim sudah banyak dibuat mulai dari jaman dahulu.

Quote:


Seperti Masjid Sultan misalnya. Ane ngga akan mereview asal mula masjid ini pada awalnya ya gansis, ane hanya mencoba kilas balik yang ane inget waktu pertama kali ke sana ikut suami ambil kerjaan di sana. Karena kebetulan ane tinggal di Batam, yang lumayan deket dengan Singapura, dengan hanya naik ferry sekitar 40 menitan udah nyampe ke tekape.

Ane ke Masjid Sultan rencananya untuk sholat dzuhur. Sampe di sana masih ada waktu buat liat-liat pertokoan dan cafe kecil-kecil di sekitar masjid. Ngga hanya tempat makan, ada juga toko-toko yang menjual souvenir, keperluan sholat, oleh-oleh khas sampe pernak-pernik lucu yang dijual dengan harga lumayan murah pun banyak di sana.

Quote:



Untuk bangunan masjidnya sendiri termasuk luas. Area wudhu dengan design yang modern, tempat wudhu wanita dibuat agak menjorok ke dalam, biar leluasa kalo pas buka atau pakai jilbabnya kali kan.

Quote:


Kemudian ada beberapa bangku yang sengaja disimpan dibawah tenda untuk sekadar beristirahat atau menunggu jam sholat. Dan ane liat lift juga gansis, khusus buat  yang uzur atau udah usia lanjut ngga kuat buat naik tangga.

Quote:


Kalo ane mah milih naik tangga ya gansis, soalnya masih muda dan cakep pula soalnya, malu kalo harus ikut masuk di lift, lagian tangga ke lantai duanya sedikit aja sih, bukan yang 1000 anak tangga juga,, jadi kuatlah.

Okey, ada satu tempat lagi yang bikin ane betah berlama-lama di masjid itu. di lantai satu, dekat pintu masuk ada mini gallery yang isinya diorama dengan rekaman suara yang menjelaskan soal asal usul masjid sultan pada awalnya. Ada buku-buku juga nih, bisa dibaca tapi ngga boleh dibawa pulang tapi ya gansis emoticon-Leh Uga

Quote:


Kebetulan ane datang pas hari Ahad, jadi banyak juga orang yang ikut sholat berjamaah hari itu. Ane celingak-celinguk cari mukena, ane liat ada ruangan kayak loker gitu, isinya 4 lemari dua pintu dengan mukena yang tersusun rapi dengan aromanya yang wangiiii emoticon-Peluk. Sebuah cermin besar yang cukup kalo cuma pasang jilbab sih, entah kalo sambil dandan mah ya? emoticon-Leh Uga

Suasana masjidnya juga nyaman menurut ane, walau di Batam dan di tempat lain juga pasti banyak masjid dengan kenyamanan yang sama, tapi satu yang bener-bener berkesan adalah mukena yang rapi, bersih dan wangi, dengan kondisi yang semuanya masih bagus. emoticon-Mewek

Suatu saat mukena di masjid-masjid kita pun InsyaAllah akan selalu bersih dan wangi, berusaha untuk bisa "ketemu" Allah dengan pakaian yang terbaik.

Dan lift yang fungsional banget, guna memfasilitasi jamaah yang uzur dan punya keterbatasan untuk tetap bisa beribadah di masjid.

Cerita ane di atas, atas pengalaman ane ke sana sebelum pandemi ya gansis, sekarang imigrasi Singapura betul-betul membatasi orang asing untuk masuk, kalau pun diijinkan masuk harus dengan alasan yang jelas dan menjalani karantina 14 hari atas biaya sendiri.

Sekian thread ane kali ini, mohon maaf jika ada salah kata. Jumpa lagi di thread ane selanjutnya emoticon-Jempol
 Ref: Pengalaman Pribadi
pictbygoogle

Diubah oleh DianAhmadKaskus 20-03-2021 18:08
islamisdevi
tien212700
andrabedy
andrabedy dan 25 lainnya memberi reputasi
26
3K
68
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan