Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

eMHidayatsAvatar border
TS
eMHidayats
Bisnis Online dari Cara Promosi hingga Sumber Penghasilan


SelamatDatang Gan!
emoticon-Salam Kenal

Internet marketing atau bisnis online sekarang lagi marak banget di Indonesia gan. Jadi Internet marketing atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan bisnis online merupakan sebuah pemasaran melalui media internet. Pemasaran dapat dilakukan melalui berbagai media seperti website atau blog, social media, web 2.0 profile, forum profile, dan masih banyak yang lainnya. Intinya seperti saya sebutkan tadi, bisnis online adalah bisnis yang pemasarannya dilakukan melalui media internet. Karena itu saya pribadi lebih suka menyebutnya “internet marketing” (pemasaran melalui internet) dibandingkan menyebutnya “bisnis online”. Meskipun begitu antara keduanya menurut saya tidak ada perbedaan sama sekali.



Aktivitas internet marketing atau bisnis online kemudian terbagi menjadi dua bagian besar, yaitu traffic generation (cara mendatangkan pengunjung) dan source of income (sumber penghasilan). Traffic generation sendiri menurut saya terbagi lagi menjadi setidaknya lima bagian yaitu SEO (search engine optimization), PPC Advertising (pay per click advertising), Mobile Advertising, Email Marketing, dan Social Media Marketing. Begitu pula dengan source of income internet yang terbagi menjadi lima bagian yaitu PPC (pay per click), PPS (pay per sale), PPL (pay per lead), Online Auction, dan Menjual Produk Sendiri.



Traffic Generation
SEO
SEO atau search engine optimization adalah optimasi mesin pencari untuk mendapatkan hasil yang diharapkan pada pencarian. Setiap mesin pencari seperti google misalnya, menggunakan algoritma tertentu untuk menampilkan website-website berdasarkan kata kunci dan kualitasnya. Dengan SEO kita berusaha agar website kita dapat menyesuaikan dengan algoritma mesin pencari dan menunjukkan bahwa website kita juga memiliki kualitas berdasarkan kata kunci tersebut.

PPC Advertising
PPC Advertising atau pay per click advertising adalah metode iklan yang mengarahkan langsung pengunjung sebuah website atau mesin pencari ke website pengiklan. Dengan PPC advertising, pengiklan hanya membayar penerbit saat iklan di klik. Saat ini sudah banyak penyedia jasa PPC advertising baik di Indonesia maupun di luar negeri, salah satunya yang dapat dipercaya dan berkualitas adalah Kaskus dengan Kaskus Ads nya. Buruan coba Kaskus ads gan.emoticon-Wowcantik

Mobile Advertising
Seperti namanya, mobile advertising adalah iklan yang dilakukan melalui media mobile seperti telepon genggam atau media mobile lainnya. Dengan banyaknya pengguna telepon genggam di seluruh dunia, mobile advertising menjadi salah satu cara promosi yang sangat menjanjikan karena keakuratan targetnya.

Email Marketing
Email Marketing adalah pemasaran atau iklan melalui media surat elektronik atau email. Melalui email marketing, biasanya pengiklan membina hubungan baik terlebih dahulu baik dengan pelanggan atau calon pelanggan. Karena itu menurut saya pribadi email marketing memang baik untuk jangkan panjang, tetapi membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama dibandingkan dengan PPC advertising atau mobile advertising.

Social Media Marketing
Social Media Marketing seperti namanya menggunakan media sosial untuk promosi. Baik itu facebook, twitter, instagram, google +, linkedin, atau social media lainnya menyediakan sarana agar seseorang dapat beriklan di social media mereka. Masing-masing social media memiliki ketentuan dan cara beriklan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya, karena itu anda harus memahami dulu cara beriklan di masing-masing media sosial.



Source of Income
PPC
Jika sebagai pengiklan kita menggunakan PPC advertising, maka sebagai publisher atau penerbit kita bisa mendapatkan sumber penghasilan melalui PPC atau pay per click. Jika sebagai pengiklan kita harus membayar penerbit saat iklan diklik, maka dengan menjadi penerbit kita akan mendapatkan sejumlah uang dari setiap klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung.

PPS
Dari namanya kita pasti sudah bisa menebak, yup PPS atau pay per sale adalah jenis bisnis online dimana kita akan dibayar berdasarkan barang yang berhasil kita jual. Fee yang didapat biasanya berdasarkan persentase harga barang yang terjual, untuk barang fisik persentase yang ditawarkan biasanya hanya beberapa persen, tetapi untuk barang digital baik itu software atau ebook persentase yang ditawarkan biasanya cukup tinggi bahkan banyak yang mencapai angka 75%.

PPL
PPL atau pay per lead adalah jenis bisnis online dimana kita akan mendapatkan fee berdasarkan lead yang kita berikan. Salah satu contohnya adalah anda berhasil membuat seseorang mendaftarkan dirinya ke sebuah website sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan oleh pemilik website.

Online Auction
Online auction adalah pelelangan melalui media internet, salah satu contoh pelelangan online dapat ditemui di situs ebay atau flippa.

Menjual Produk Sendiri
Inilah jenis bisnis online yang paling marak di Indonesia, seseorang dapat menjual produknya sendiri baik itu berupa barang atau jasa. Orang-orang yang tidak memiliki produk sendiri pun memiliki pilihan untuk dapat menjualkan produk orang lain, misalkan dengan menjadi agen, reseller, atau bahkan dropshipper.

Ane bukan orang yang expert di internet marketing atau bisnis online yah gan, cuma praktisi ajah, ane mungkin nggak lebih hebat dari agan semua, jadi kalo ada kesalahan mohon dimaafkan yah.
emoticon-Shakehand2
Oh iya jangan lupa cendol sama bintang 5 nya gan
emoticon-Toast emoticon-Rate 5 Star


Spoiler for :
Diubah oleh eMHidayats 20-06-2018 14:51
anasabila
4iinch
loismountbatten
loismountbatten dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3.6K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan