tofarizalAvatar border
TS
tofarizal
Menggunakan GPS atau HP untuk navigasi perjalanan anda..?!?

Menggunakan GPS atau HP untuk navigasi perjalanan anda..???

Baik GPS mobil (seperti merk Garmin, TomTom, atau Magellan) atau HP smartphone (dengan aplikasi GoogleMaps nya) keduanya memiliki kelebihan masing-masing..

GPS keunggulannya tidak tergantung sinyal operator Hp, karena langsung terhubung dengan satelit, selama kita tidak berada dalam lokasi tertutup, maka kita dapat selalu online dalam navigasi..
Sinyal GPS akan hilang jika kita berada dalam parkir garage, terowongan, jembatan tertutup, atau tertutup bangunan tinggi (skyscrapers) seperti di Manhattan NewYork dan Chicago,. Selain itu GPS tidak ada masalah dalam terhubung dengan satelit.

Kelemahan GPS, adalah tampilannya yg agak tradisional, dalam mengganti tujuan diperlukan waktu yg lebih lama.. Selain itu kita perlu mengupdate software GPS secara berkala, biasanya saya mengupdate setiap 6bulan sekali. Ini diperlukan jika ada perubahan jalan pada map.

HP smartphone dengan Google Maps.. Kelebihannya tampilannya lebih modern.. Mudah dan cepat menavigasinya.. Bisa memilih alternatif jalan yg mau kita lalui..
Kelemahan HP sebagai navigasi adalah bergantung pada sinyal provider hp.. Jika sinyal hp hilang, maka navigasi tetap jalan tetapi tidak bisa rerouting apabila kita lewat jalan yg beda dengan yg ditunjukkan oleh Hp.. Ada download beberapa bagian kecil map secara offline tapi tetap tidak efektif jika kita pergi dalam jarak yg jauh..
Kelemahan Hp lainnya yaitu jika ada panggilan telpon atau sms, maka kita akan menganggatnya dan akan membuka window navigasi lagi setelahnya..

Tips yg saya lakukan dalam roadtrip adalah menggunakan keduanya secara bersamaan.. GPS tetap sebagai navigasi utama, sedangkan HP sebagai cadangan.. Kadang jika ditengah jalan didepan kita ada kemacetan panjang karena kecelakaan, maka GPS/HP akan memberikan alternatif jalan lain yg tersedia untuk menghemat/mempersingkat waktu tiba anda.. Kadang dalam hal ini dan didalam kota, HP lebih responsif memberikan jalan alternatif.. Tapi kadang dijalan highways, GPS lebih cepat memberikan jalan alternatif.. So, keduanya kadang beda.. Dalam mencapai tujuan, masing masing juga kadang memberikan belokan yg berbeda. Terserah mau ikut yg mana, yang pasti semakin sering menggunakan, anda akan semakin tau dan dapat menggunakan intuisi harus ikut GPS atau HP.. 😊

Di kota besar, kadang kita terlewat untu exit dari jalan seharusnya, tidak usah panik, karena baik GPS dan Hp akan reroute kembali ke tujuan anda dengan rute jalan yg beda.. 😊 paling hanya menambah waktu tiba anda hehee..

Have a nice trip.. 😊

#roadtrip
#justsharing
#tipsandtricks

mustofarizal.wordpress.com
0
3.6K
14
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan