mangmamas25Avatar border
TS
mangmamas25
Alasan 5 Film 'Best Documentary' Nominasi Oscar Ini Bisa Jadi Perhatian Dunia!


Walaupun masuk nominasi Oscar sekalipun, film dokumenter sering kali disebelah matakan karena mungkin "membosankan" dibandingkan film superhero yang lagi berantem. Padahal, film non-fiksi ini adalah fakta tanpa drama dan benar-benar terjadi di kehidupan nyata. Dengan pengambilan gambar yang sederhana, biaya produksi yang murah, fakta mencenangkan dilapangan, wawancara dan kumpulan video-video sejarah menjadikan film dokumenter punya daya tarik sendiri.

Tahun ini ada 5 nominasi piala Oscar untuk film dokumenter terbaik yang sangat direkomendasikan untuk Agan di tonton. Kenapa? Karena salah satu nominasinya adalah sejarah kelam negara kita tercinta, Indonesia. Penasaran? Cekidotssss

AMY


Setelah membuat dokumenter tentang pembalap legenda F1, Aryton Senna dalam "Senna". Asif Kapadia sang sutradara tahun lalu membuat film dokumenter tentang sosok charming dari Amy Winehouse. Amy, si pemenang grammy awards beberapa tahun lalu itu kedapatan meninggal karena keracunan alkohol pada umur ke 27. Yup, artis berbakat ini kayaknya kena kutukan 27th sin yang telah menyerang artis-artis pendahulunya. Ini adalah film yang sangat rumit dan berat. Film ini menceritakan berbagai hal tentang keluarga dan media, ketenaran, kecanduan, namun yang paling penting adalah film ini mengungkap jati dirinya, sosok yang menakjubkan sekaligus musisi yang sangat brilian.


CARTEL LAND


Salah satu favorit ane nih gan. Kalo agan suka dengan suasana menegangkan ditengah-tengah perang antara kartel narkoba, perdangan obat-obatan dan situasi rumit imigrasi diperbatasan meksiko-AS, ini adalah film yang sangat tepat. Inget gan, ini dokumenter, jika agan liat lalu berpikir bahwa ini adalah film hollywood dengan segala actionnya berarti agan salah besar. Gak ada rekayasa, begitulah kejadian yang ada di lapangan. Menakjubkan bukan? Goodjob Matthew Heineman dan kru!


WHAT HAPPENED, MISS SIMONE?


Apa yang berbeda dari biografi seorang musisi? diatas ane sudah menyebutkan Amy Winehouse, disini ada yang lebih konvesional yaitu Nina Simone. Familiar dengan nama ini? Nina adalah penyanyi, pencipta lagu, dan pianis jazz ternama yang telah memenangkan 15 penghargaan grammy awards. Ternyata Liz Garbus yang menjadi sutradara, mempunyai sudut pandang unik dari film ini. Ternyata tidak gampang mendapatkan 15 penghargaan tersebut, disamping Nina adalah seorang radikal politik, terjebak dalam situasi rumit, hubungan yang tidak baik, dan masalah hak asasi manusia lainnya.


WINTER ON FIRE: UKRAINE'S FIGHT FOR FREEDOM


"This is what revolution looks like", berlatar belakang tahun 2014 ketika protes besar-besaran terhadap pemilihan pemerintahan Ukraina yang korup. Agan benar-benar dibawa ke dalam suasana revolusi, protes, kerusuhan, cinta, sedih dan ini adalah contoh bahwa gerakan-gerakan tersebut dimulai dari hal kecil hingga pada akhirnya bisa mendorong perubahan bagi masyarakat. Keren banget jika agan suka film sejarah revolusi.


THE LOOK OF SILENCE


Sekuel dari "Act Of Killing", di Indonesia dinamakan "Senyap", film karya sutradara Joshua Oppenheimer dengan tema sejarah kelam Indonesia ketika "Pembantaian Masal 1965". Bercerita mengenai Adi yang adalah adik Ramli, salah satu korban pembantaian 1965 di salah satu desa perkebunan terpencil di Sumatera Utara. Adi tumbuh dalam keluarga yang secara resmi dinyatakan "tidak bersih lingkungan" karena kakaknya, Ramli, dianggap simpatisan PKI. Bersama Adi, Oppenheimer mengumpulkan para korban dan penyintas pembantaian 1965-1966, mendokumentasikan kesaksian mereka tentang sejarah pahit itu.

"Senyap" menggunakan pengambilan gambar sangat sederhana, tetapi dengan cerita yang sangat kuat. Agan pun bisa menjadi kreatif dengan buat film dokumenter sendiri ayo ajak teman-teman agan untuk berkarya di dunia film berkualitas!

Jadi siapa yang agan jagokan untuk best documentary di Piala Oscar nanti?
emoticon-Wow

sumur
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 8 suara
Siapa Yang Bakal Meraih Nominasi Best Dokumenter?
Amy
0%
Cartel Land
0%
What Happened, Miss Simone?
0%
WINTER ON FIRE: UKRAINE'S FIGHT FOR FREEDOM
0%
The Look Of Silence
100%
0
64.4K
323
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan